Tahun ini, Seksi Pendidikan PAI Kemenag Sanggau mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dalam pembuatan soal ulangan bagi siswa SD, SMP dan SMA/SMK. Pembuatan soal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam baik dalam ujian Semesteran maupun UAS yang sebelumnya dikoordinir oleh pihak Dinas Pendidikan, tahun ini diserahkan kepada Pihak Kementerian Agama,dalam hal ini seksi PAI.

Menghadapi hal ini, Kasi PAI Kemenag Sanggau Drs. Pahmi segera merespon dengan mengundang para guru agama Islam yang tergabung dalam KKG/MGMP PAI untuk membahas pembuatan soal ini. Bertempat di aula Kemenag Sanggau selasa (14/02), sebanyak 35 guru PAI berkumpul untuk mempersiapkan diri membuat soal-soal. Dalam kata pembukaannya Pahmi menyampaikan bahwa para guru PAI Kemenag perlu menjawab tantangan ini dengan adanya soal yang berkualitas. Makanya kami minta Pengurus KKG dan MGMP segera merapatkan barisan, menginventarisir dan mengelola kegiatan pembuatan bank soal, melakukan seleksi soal dan finishing soal bersama Seksi PAI. Satu sisi, Pahmi akan menyediakan sarana dan prasarana serta memfasilitasi seluruh proses kegiatan yang diperlukan.

Selaras dengan hal ini, Kakankemenag Sanggau Drs M Taufik menyampaikan bahwa kepercayaan ini jangan sampai disia-siakan. Bilamana ouputnya bagus, baik output soal,output proses finishing soal juga output nilai para siswa dalam mata pelajaran PAI, maka untuk mata pelajaran agama yang lain baik Kristen dan Katolik akan mendapatkan kepercayaan dalam pembuatan soal juga. Jadi efeknya akan berantai. BIla output baik efek baiknya kemana-mana. Bilamana outputnya jelek maka efeknya juga tidak kalah dahsyat. Demikian M Taufik mengingatkan (Fathur-Sanggau)