Putussibau Kapuas Hulu Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Manasjik Haji bagi Calon Jamaah Haji Musim Haji Tahun 1437 H / 2016 M, yang digelar di Masjid Agung Darunnajah Putussibau Jalan Antasari Kecamatan Putussibau Utara, Selasa (26/07/2016)

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Hulu A.M.Nasir, SH tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Para Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemda Kabupaten Kapuas Hulu, Para Assiten dan Staf Ahli, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua dan Pengurus MUI, Ketua dan Pengurus IPHI Kabupaten Kapuas Hulu. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu H.Darohman, S.Ag, M.Si, yang didampingi oleh Kasub Bag TU H.Kusyairi Husman, S.Ag, M.Si, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H.Abdurrahman dan Kepala KUA Kecamatan Putussibau Utara Mohammad Yusuf, S.Ag.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan bahwa, Pembukaan Manasik Haji ini semulanya akan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Juli 2016, namun karena kendala vaksin untuk calon jamaah haji belum siap, sehingga jadwal kegiatan harus mundur. Adapun tujuan dilaksanakanya kegiatan manasik haji ini dengan maksud untuk memberikan bimbingan dan pemahaman yang baik kepada para calon jamaah haji sebagai bekal didalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Kegiatan Manasik Haji Pemerintah Kapuas Hulu ini berlangsung selama 3 hari, yakni mulai tanggal 26 Juli 2016 s.d 28 Juli 2016, dari jam 08.00 sampai jam 17.00 petang. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, diantaranya Pengorganisasian perjalanan haji dan umrah, tata cara tayamun dan shalat dalam perjalanan, shalat jamak dan qasar, syarat, rukun dan wajib haji, ihram haji dan umrah, wukuf mabit dan melontar jumrah, tawaf sai, tahalul, dam serta kesehatan haji.

Acara manasik haji ini melibatkan beberapa lembaga terkait dalam rangka memberikan bimbingan materi kepada para jamaah diantaranya dari Kementerian Agama Kapuas Hulu, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, dari Majelis Ulama Kabupaten Kapuas Hulu, dari Ikatan Pengurus Haji Indonesia Kabupaten Kapuas Hulu serta Lembaga Terkait lainya. Jumlah Calon Jamaah Haji yang diikutsertakan dalam manasik tersebut sebanyak 96 orang masing berasal dari Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Boyan Tanjung, Bunut Hilir, Bunut Hulu, Embaloh Hilir, Selimbau, Silat Hulu, Mentebah, Kalis dan Hulu Gurung. Para jamaah yang datang dari luar Kota Putussibau, difaslitasi oleh Panitia tempat menginap di Hotel Merpati Putussibau serta Makan selama 3 hari kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kapuas Hulu A.M.Nasir, SH mengingatkan kepada para calon jamaah haji, agar bena-benar mengikuti bimbingan dengan serius, karena materi yang disampaikan erat kaitanya dengan pelaksanaan ibadah haji. Beliau juga mengingatkan agar para jamaah selalu menjaga kesehatanya baik sebelum maupun selama pelaksanaan ibadah haji, karena kesehatan itu sangat penting sekali dalam pelaksanaan ibadah haji. Tidak lupa beliau mengucapkan selamat kepada para calon jamaah haji, serta mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada para seluruh tamu undangan yang hadir.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala KUA Putussibau Selatan Iswandi, S.Ag dilanjutkan dengan bersalam-salaman. [Mawar Susardie, S.H.I]