Tujuh Belas Agustus adalah hari istimewah bagi Bangsa Indonesia. Istimewah karena pada hari itulah bangsa Indoensia lahir sebagai bangsa yang merdeka. Oleh karena itu biasanya pada setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indoensia merayakannya dengan meriah baik upacara bendera maupun dimeriahkan dengan pesta rakyat di seluruh penjuru negeri. Kemeriahan itu dikurangi oleh adanya wabah covid-19 yang mewabah seluruh negeri sehingga semua upacara harus menerapkan protocol kesehatan. Kenyataan seperti itu terjadi pada upacara Hari Kemerdekaan Indoensia di Kabupaten Melawi.

“Jumlah peserta dibatasi, tidak semua pejabat hadir dalam acara tersebut, hanyalah pejabat yang mewakili instansinya. Peserta upacara tidak lagi banyak seperti biasanya. Semua peserta mengenakan masker, selalu sadar untuk menjaga jarak, tanpa jabat tangan, “lapor Haji Abdulbar yang hadir dalam acara tersebut untuk memimpin doa di hari Kemerdekaan Indoensia. Meski dengan peserta yang dibatasi, namun tidak mengurangi kehikmatan untuk mengikuti upacara yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, “tambah Haji Abdulbar haru.

Usai melaksanakan Upacara Bendera Bupati Melawi Panji S.Sos mengatakan bahwa Tujuh Belas Agustus adalah salah satu momen terbesar bagi Bangsa Indonesia. Dimana bangsa Indonesia mengikrarkan janji bersama dalam proklamasi untuk berdikari menjadi satu Bangsa dan diakui oleh Dunia sebagai Negara Merdeka. "Saya berharap kepada ASN agar melayani Negara dan masyarakat dengan sikap dedikasi, profesionalitas, dan integritas, serta menjaga kehormatan bangsa. Dengan semangat kemerdekaan ini diharapkan dapat dituangkan dalam kerja nyata, dan berprestasi baik dari pemerintah daerah, swasta dan masyarakat guna mewujudkan cita – cita bangsa dengan ikut terlibat dalam pembangunan daerah,” katanya