Pandemi Covid-19 memang sebagai ancaman bagi kehidupan manusia. Kehadirannya mengubah tatanan hidup manusia termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Pembinaan, Pelatihan, Diklat dan Rakor yang biasanya dilakukan dengan cara bertatap muka di ruangan atau aula, kini berubah total. Yang jauh menjadi dekat berkat adanya aplikasi Zoom Meeting. Berkat aplikasi ini program asesment Kementerian Agama dari Sembilan Provinsi di Indonesia tetap berlangsung. Asesmen dimulai dari acara pembukaan, Ujian Phsikotes ratusan soal, diskusi dan diakhiri dengan wawancara.

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekertaris Jendral Kementerian Agama, Kepala Biro dan semua Kepala Kantor Wilayah dari Sembilan Provinsi yang menjadi peserta kegiatan. Demikianpun Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si ikut dalam acara pembukaan secara virtual. Bapak Kakanwil juga ditemani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd.

Melalui Whatshapp Pak Kepala menjelaskan, “saya hadir dalam acara pembukaan Asesmen itu selain karena diundang oleh Bapak Kakanwil tetapi juga  sebagai wujud dukungan saya kepada tujuh orang PNS Kemenag Melawi yang ikut acara yang sama. Saya berharap asesmen kali ini bisa menjadi alat ukur pemetaan kompetensi ASN sehingga penempatan jabatan di masa depan sungguh-sungguh sesuai dengan kompetensi yang diperlukan,”tulis beliau melalui Whatshapp. Pada hari yang sama Kepala Kantor juga memenuhi undangan Balai Diklat Jakarta untuk menjadi narasumber dan sekaligus untuk menutup Diklat Jarak Jauh bagi 40 orang Guru Madrasah tentang Pengembangan SDM Kemenag.