Keterlibatan masyarakat dalam dunia pendidikan perlu diacungi jempol. Masyarakat tidak hanya mengharapkan Negara dalam mencerdaskan kehidupan anak  bangsa. Hal itu ditunjukkan dengan tumbuh dan berkembanganya lembaga pendidikan yang dikelola oleh pihak swasta.  Hal itu terjadi juga di Melawi. Ada begitu banyak lembaga pendidikan yang dikelola oleh pihak  swasta termasuk lembaga pendidikan yang bercorak keagamaan seperti Madrasah.

Pada hari Rabu, 18 November 2020 Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd memberikan ijin operasional kepada dua Madrasah Aliyah Swasta. Adapun kedua Madrasah Aliyah tersebut adalah Madrasah Aliyah Swasta Syaikh Zainudin Melawi  yang terletak di Jalan KKLK Desa Tanjung Tengang Nanga Pinoh dan Madrasah Aliyah Al-Shighor Melawi yang terletak di Jalan Nanga Pinoh-Ella Hilir. Ijin Operasional itu diberikan kepada pengelola kedua MAS tersebut, dimana pada kesempatan itu Kepala Kantor ditemani oleh Kasi Pendis.

Di hadapan para pengelola Madrasah tersebut, Pak Kepala menegaskan, “ijin operasional ini diberikan sebagai wujud kepercayaan Kementerian Agama kepada Bapak dan Ibu Pengelola. Saya berharap kepercayan ini dijaga dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan maksimal agar kehadiran MAS bisa memberikan manfaat kepada masyarakat pengguna jasa pendidikan kita. Berkaitan dengan itu sinergisitas dan kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi bahkan dengan Dinas Pendidikan Kab Melawi perlu diperhatikan supaya lembaga pendidikan ini berkembang sesuai aturan yang berlaku di Indonesia,” tegas Pak Kepala.