Acara pisah sambut Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) I, berlangsung, (15/2/2020). Selamat datang bapak Samsul Muarif sebagai kepala madrasah yang baru terima kasih atas jasa Ibu Hj.Siti Fatmah (Kepala MTsN I peruode 2017-2020) dan selamat bertugas ditempat yang baru kepada bapak Abdul Karis/kepala MTsN 2 sekadau). Demikian tulisan yang tertera di spanduk pisah sambut.

Acara di awali dengan pembacaan ayat suci alquran, dilanjutkan dengan penampilan grup qasidah, paduan suara MTsN I. Turut hadir kepala kemenag sekadau H.Tengku Indra Kusuma, kasi pendis Sunari, Kepala madrasah seKabupaten sekadau, Babinkamtibmas Polsek sekadau hilir, ketua komite, guru dan siswa-siswi MTsN I sekadau hilir.

Kepala Kemenag Sekadau H.Tengku Indra Kusuma berpesan kepada kepala madrasah untuk terus belajar demi kemajuan sekolah yang kita cintai ini. Amanah yang diberikan sangatlah berat, maka berhati-hatilah dalam menjalankan amanah tersebut. Kepada dewan guru baik PNS maupun honorer, "mari kita tumbuhkan kebersamaan di MTsN I demi kemajuan madrasah sehingga madrasah lebih baik, lebih baik madrasah,"tandasnya.

H.Tengku Indra berharap meskipun guru PNS di MTsN I Sekadau hilir hanya 4 orang, lainnya guru honorer, namun hal itu jangan mengecilkan semangat dalam mengajar, mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di kabupaten sekadau. Kepada peserta didik diharapkan belajar dengan baik menginggat sebentar lagi akan mengikuti ujian. "Demi kemajuan madrasah laksanakan dengan baik, tanpa memikirkan kepentingan pribadi, setiap tahun kementerian agama khususnya kemenag sekadau selalu berusaha mengembangkan, membangun madrasah dan memajukan dunia pendidikan di kabupaten sekadau," pungkasnya.

Kepala madrasah sebelumnya Hj.Siti Fatmah mengucapkan selamat kepada kepala madrasah yang baru dan mohon maaf jika selama memimpin ada salah dalam ucapan, tingkah laku perbuatan. "Selamat datang kepala madrasah yang baru, selamat kepada Abdul Karis yang menjabat sebagai kepala MTsN 2, mohon maaf jika selama memimpin ada salah ucap, tutur kata yang salah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata Hj.Siti Fatmah.

Dewan guru diwakili Aliudin menyampaikan perjalanan hidup manusia dimana ada pertemuan maka ada perpisahan,"seluruh dewan guru mengucapkan terima kasih atas pengabdian Abdul Karis guru SKI yang selama pengabdiannya di MTsN I, Selamat bekerja dirempat yang baru MTsN 2 sekadau hulu,"ujarnya.

Ketua komite H.Kateni mengajak semua elemen yang ada di madrasah untuk bersama-sama membangun madrasah di sekadau. Sebuah bangunan tidak akan berdiri tanpa bantuan elemen lainnya, sebuah bangunan memerlukan bantuan elemen lain. "Sekuat apapun kepemimpinan di sekolah tidak boleh mengabaikan semua elemen yang ada di madrasah, suatu kesatuan harus ada menyangkut semua elemen yang ada, marilah kuta sinergikan kebutuhan kita demi kemajuan MTsN I yang kita cintai ini," ucapnya.

Samsul Muarif menyampaikan dalam salah satu hadist yang artinya apabila amanah itu di sia-siakan, maka tunggulah saatnya kehancuran. Apabila di amanahkan, berusahalah sekuat tenaga bagaimana amanat itu dapat di jalankan dengan baik. "Salah satu sisi amanah itu berat, tapi lebih berat lagi yang memberikan amanah, maka apabila saya selaku yang diberikan amanah sebagai kepala MTsN 1 Sekadau, apabila sewaktu-waktu tidak mampu melaksanakan amanah yang di berikan, saya siap untuk di ganti," tandasnya. 

Kepada ketua komite kepala Samsul Muarif berharap dukungan dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik untuk tetap dilanjutkan. "Terima kasih kepada semua yang telah menyambut dan mendoakan saya, doa inilah suatu kekuatan bagi saya dalam menjalankan tugas di madrasah ini,"tuturnya. (Andre)