Sambas, Senin (05/10/2020) Kepala KUA Kec. Sajad Ahadi,S.Sos pimpin do’a pada acara sosialisasi penilaian angka kredit (PAK) penghulu yang diadakan oleh tim penilai angka kredit Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat di Aula FKUB Kab. Sambas yang diikuti seluruh penghulu dari Sambas, Singkawang dan Bengkayang.

Acara dibuka oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas H. Sipni, S.Pd.I, M.Pd mengajak untuk memanfaat kegiatan ini menambah semangat kerja meningkatkan prestasi, karena penialaian angka kredit (PAK) ini hak dari jabatan fungsional penghulu tegasnya. Selain itu disampaikan pula ucapan terimakasih kepada Kabid URAIS Kanwil Kemenag Prov. Kalbar dan Kasubbag. Kepegawaian dan Hukum telah menempat pelaksanaan Sosialisasi PAK ini di Kantor Kemenag Kab. Sambas, serta Kepada Kepala Kantor dan para Kasi Kan Kemenag Kota Singkawang dan Kab. Bengkayang. 

Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Nur Syahid  mengatakan bahwa selama ini kita mengakomodir aspirasi kawan-kawan penghulu untuk daftar usulan penetapan angka kredit (DUPAK) dibuat oleh penghulu dengan hardcopy/scanner,  untuk meminimalisasi kertas (paperless) dibuat aplikasi yang mempermudah penghulu dalam mengajukan Penilaian angka kreditnya. 

Aplikasi ini disampaikan narasumber Drs. Tukimin, memanfaatkan Sistem Informasi Kepenghuluan (SIK) yang memang sudah masuk dalam aplikasi SIMBI (Sistem Informasi Bimas Islam) Direktorat Jenderal Bimas Islam Kemenag RI. “Penghulu dapat mempersiapkan datanya terlebih dahulu dan menyiapkan bukti bukti fisik, dengan cara scanner dokumen ”htps//docudigital.bkn.go.id” ujarnya lagi.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam  Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Ehsan, S. Ag, M.Si. menuturkan kesempurnaan tidak lari dari kekurangan. Memenuhi Hak jabatan fungsional penghulu dan angka kredit. Pertemuan ini merupakan langkah awal kawan-kawan penghulu untuk melaksanakan tugas dapat mengerjakan penghitungan angka kredit, dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengisian angka kredit dan tata cara mengerjakannya, tingkatkan kinerja sebaik mungkin, ungkapnya.(AHD)