Samalantan, Bengkayang_Kepala KUA Kecamatan Samalantan Mori Moriansyah, S.Pd.I mengatakan pada saat pembinaan Penyuluh Agama Islam  (PAI)  Non PNS bahwa Penyuluh Agama Islam Non PNS wajib turut berperan dalam memberikan pembinaan agama Islam kepada masyarakat dan membantu program-program kerja KUA termasuk dibidang perkawinan.

“Tiga belas penyuluh yang bertugas di KUA Kecamatan Samalantan yang terdiri dari   Delapan Penyuluh dari Kecamatan Samalantan dan lima penyuluh dari Kecamatan Lembah Bawang telah dijadwalkan secara bergantian untuk melaksanakan tugas piket kantor KUA dengan  salah satu tugasnya melaksanakan bimbingan perkawinan” terang Mori.

Lebih lanjut Mori menyampaikan harapannya agar ketigabelas penyuluh agama Islam Non PNS KUA Samalantan dan Lembah Bawang dapat berperan aktif melaksanakan tugas dan kewajibanya, karena PAI juga sebagai ujung tombak KUA dalam mewujudkan masyarakat yang taat beragama melalui bahasa penyuluh.

Disamping itu, ia menjelaskan PAI Non PNS juga berperan memberikan pembinaan-pembinaan agama Islam kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok binaan dengan methode ceramah, sharing serta diskusi. Dan masih banyak lagi program-program KUA bersama PAI dalam membangun masyarakat Kecamatan Samalantan dan Lembah Bawang melalui bidang sosial budaya, ekonomi dan keagamaan. (Kontributor: Sawaji)