Mempawah. Pada Rabu 23 September 2020 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Toho terima konsultasi perbaikan buku nikah atas nama Rahmad Mulyadi dan atas nama Sarima. Hal itu dilakukan dalam rangka penertiban administrasi bagi masyarakat Kecamatan Toho.

Sumadi menjelaskan bahwa sesuai dengan PMA Nomor 20 Tahun 2019 BAB XII tentang tata cara penulisan, Pasal 38 ayat 1 sampai dengan 2, ayat 1 berbunyi perubahan nama suami atau istri pada akta nikah dilakukan oleh KUA Kecamatan berdasarkan akta kelahiran yang baru.

Kemudian ayat 2 berbunyi pencatatan perubahan data perseorangan berupa tempat, tanggal, bulan, tahun lahir, Nomor Induk kependudukan kewarganegaraan (KK), pekerjaan dan alamat dilakukan oleh KUA Kecamatan, berdasarkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten.

Selain itu Sumadi juga inginkan kesalahan penulisan nama dan lain sebagainya, tidak terulang kembali. Masyarakat diharapkan teliti dalam memberikan keterangan saat melakukan pencatatan pernikahan di KUA Kecamatan setempat.

"Kedepan tidak ada kesalahan lagi bagi masyarakat, dan masyarakat harus jeli saat melakukan pencatatan pernikahan nantinya" tutup Sumadi. (Salihin_Mpw)