Kepala Lab. Fisika MAN 2 Ketapang telah mengikuti live streaming AKD (Analisis Kebutuhan Diklat) pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2020, tepatnya pada sesi pertama yang berlangsung selama 2 jam mulai  jam 09:00-11:00. Kegiatan ini  diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan atau Pusdiklatteknis Kemenag dengan peserta sebanyak 90 orang untuk dua propinsi yaitu Kalimantan Barat dan Lampung.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai katagori jabatan baik struktural maupun fungsional antara lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota, Jabatan Fungsional, Penghulu, Pengawas dan Kepala Madrasah. Untuk  MAN 2 Ketapang diikuti oleh Drs.Abdul Haris Nasution selaku  Kepala Laboratorium Fisika.

Dalam kegiatan ini peserta mendengarkan arahan materi dari Nara Sumber serta mengisi angket atau kuisioner yang telah disiapkan oleh panitia secara online.  Kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) tahun 2020 ini diadakan dalam rangka untuk mengetahui kebutuhan diklat dalam pengembangan kompetensi pegawai yang akan digunakan dalam menyusun program pelatihan, untuk mengetahui kebutuhan yang urgen dalam pelaksanaan diklat secara umum, untuk mengetahui jenis jabatan yang sangat membutuhkan diklat, untuk mengetahui jenis diklat yang paling dibutuhkan, untuk mengetahui kompetensi yang dibutuhkan peserta Diklat, Untuk mengetahui proses pembelajaran diklat yang dapat mendukung tercapainya tujuan diklat

Drs. Abdul Haris Nasution  selaku peserta kegiatan AKD terlihat  ikut aktif dalam kegiatan tersebut bersama peserta lainnya  di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Beliau berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan masukan kepada Pusdiklatteknis Kemenag dan juga akan dapat menjalin silaturrahim antar pegawai Kemenag.  Setelah selesai mendapatkan keterangan dan arahan dari pusdiklat para peserta diwajibkan untuk mengisi kuesioner sesuai dengan jenjang jabatannya masing-masing guna untuk mendapatkan kebutuhan Diklat di tahun 2020.