Dalam rangka menuju Madrasah Hebat Bermartabat, kembali digalakkan kegiatan peningkatan kualitas sanitasi madrasah, kegiatan ini diawali dengan Peluncuran Dan Sosialisasi Profil Sanitasi Madrasah Tahun 2020. Karena Bangsa Indonesia masih diselimuti pondemi Covid-19 maka kegiatan ini diikuti secara Virtual. 

Peluncuran Dan Sosialisasi Profil Sanitasi Madrasah dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 13 Oktober 2020, mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.30 Wiba. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Bapak Prof. M. Ali Ramdani, secara Virtual. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Direktur KSKK Madrasah, Bapak Dr. H. A. Umar, dan juga dihadiri oleh Duta Air Minum dan Sanitasi, yaitu artis kondang Indonesia, Ikke Nurjanah. 

Kegiatan ini disaksikan oleh ratusan warga Kementerian Agama se Indonesia, mulai dari madrasah sampai kepada fungsional. Begitu juga Kepala MAN 1 Ketapang begitu aktif mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah terciptanya lingkungan Madrasah yang bersih, khususnya pada Sanitasi di Madrasah.