Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di MAN 2 Ketapang sudah dimulai kembali terhitung mulai tanggal 4 Januari 2021 sebagaimana jadwal yang tercantum dalam Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Ketapang untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Untuk memaksimalkan serta mensingkronkan setiap kegiatan yang akan dimulai pada awal hingga akhir Semester Genap yaitu pada Juni mendatang, maka pada hari Sabtu, (09/01/2021) bertempat di salah satu ruang kelas, diadakan rapat perdana antara Pimpinan Madrasah bersama semua dewan Guru maupun TU yang ada di MAN 2 Ketapang. Dalam rapat yang dibuka oleh Yuniar, S.Pd.I selaku Waka Kurikulum dan sekaligus moderator rapat, dibahas beberapa hal terkait pembagian tugas masing-masing guru dan TU serta turut juga dibahas KBM pada semester Genap yang masih menggunakan media Online imbas dari Pandemi Covid-19 yang masih merupakan masalah utama ditiadakannya proses belajar mengajar secara tatap muka.

Adapun rapat itu sendiri dipimpin langsung oleh Chaidir, S.Pd.I,M.Pd selaku Kepala Madrasah. Sebelum membahas lebih jauh proses KBM pada tahun 2021 ini, terlebih dahulu beliau menyampaikan capaian keberhasilan yang telah diperoleh pada tahun 2020 yang lalu. Diantaranya, prestasi terbaik tersebut adalah Akademi Madrasah Digital (AMD) yang berhasil lolos hingga tingkat Nasional, untuk tingkat Provinsi berhasil meraih juara pertama lomba Video Short Movie, sedangkan untuk tingkat Kabupaten, LKTI dan Publikasi Kegiatan Kemenag Ketapang,keduanya berhasil diraih oleh MAN 2 Ketapang sebagai juara pertama.