Persiapan yang matang sebagai wujud keseriusan dalam menyelenggarakan sebuah acara. Pada Hari Rabu, 26 Agustus 2020 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi akan menyelenggarakan acara yaitu Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu. PTSP merupakan upaya Kementerian Agama dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Adapun jenis pelayanan yang dilayani adalah Pendidikan, Haji, Urusan Agama dan keagamaan dan lain-lain.

Berkaitan dengan acara tersebut Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi mulai mempersiapkan diri. Dimulai dengan pembangunan tempat yang memodifikasi ruang tamu atau ruang tengah kantor yang sudah lama dibuat. Ruangan ini dilatarbelakangi dengan dinding berkaca bertuliskan PTSP serta di setiap dinding bagian atas bertuliskan Lima Nilai Budaya Kerja yang menjadi spritualitas Pelayanan ASN Kementerian Agama. Setiap satker yang ada di Kemenag Melawi sudah mulai mengantar spanduk-spanduk yang akan dipasang untuk menyemarakkan Launching PTSP tersebut.

Pada hari Senin, 24 Agustus 2020 atas instruksi Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Melawi H. Qamarul Khair, S.Ag, M.Si melaksanakan kerja bakti. Kerja Bakti dilaksanakan sebagai upaya maksimal untuk mempersiapkan pelaksanaan Peresmian PTSP Kantor Kemenag Kab Melawi. Menurut rencana PTSP ini akan diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimanatan Drs. H. Ridwansyah, M.Si dan dihadiri oleh Bupati Melawi Pani, S. Sos.