Mempawah. Jumat pagi yang cerah seakan mendukung kegiatan para guru dan mahasiswa IAIN Pontianak (dalam tugas magangnya) untuk melaksanakan penghijauan dilingkungan sekolah.

Kegiatan ini sudah lama direncanakan oleh kepala madrasah namun baru terlaksana pada hari jum’at (13/11/20).

Disela-sela kesibukan para guru menyiapkan materi untuk mengajar, secara luring maupun daring dimasa covid-19 ini. Masih menyempatkan diri untuk ikut serta dalam melakukan penghijauan.

Menurut kepala MIN 1 Mempawah, Saliman, S.Pd.I “penghijauan dilingkungan sekolah sangat penting guna memotivasi anak untuk mencintai lingkungan” ucapnya.

Diawali dengan lingkungan tempat mereka belajar, selain itu penghijauan juga berguna untuk membuat lingkungan sekolah menjadi indah sehingga para guru dan siswa menjadi senang dengan keadaan sekitarnya.

Menurut salah satu guru MIN 1 Mempawah yang baru bertugas di MIN 1 Mempawah Omi, S.Pd, yang juga pernah mengambil Rancangan Aktualisasi sebagai tugas dari prajabatan CPNS dengan judul “Meningkatkan Kesadaran Peserta Didik Untuk Memelihara dan Menjaga Kebersihan Melalui Penerapan Denah Kebersihan Lingkungan di MIN 1 Mempawah”.

Ia katakan penghijauan ini merupakan salah satu dari bagian Rancangan Aktualisasi yang sudah diterapkan dilingkungan MIN 1 Mempawah dengan melibatkan warga yang ada di lingkungan sekolah, ujar Omi saat ikut menanam kelapa. (Omi_Mpw)