Sesuai agenda pelaksanaan persiapan UKMPPG dan pelaksanaan UKMPPG Batch-1 Kementerian Agama RI Jakarta oleh Panitia Nasional PPG Kementerian Agama RI tanggal 3 September 2021, maka proses penilaian dokumen portofolio dan perangkat pembelajaran dimulai. Masa pengupload-an berkas dimulai 13-15 september 2021 dan mulai dilakukan penilaian secara online oleh dosen dan guru pamong di masing-masing sekolah/madrasah pada tanggal 16-18 September 2021.

Tiga aspek yang dinilai yakni dokumen portofolio, dokumen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran (PP). Untuk point terkahir yakni PP, para penilai melakukan penilaian atas video proses pembelajaran yang telah di-upload sebelumnya. Jika dua item penilaian pada dokumen fisik (word dan pdf) maka penilaian PP pada video rekaman pembelajaran.

Sebagaimana umumnya, aspek penilaian PBM pada tiga item yaitu pendahuluan (memulai PBM), kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dua penilai memberikan tanggapan dan penilaiannya terhadap tiga item ini yaitu dari dosen dan guru pamong.

Tiga guru MAN 2 Pontianak ditunjuk sebagai guru pamong untuk kegiatan penilaian tersebut yakni Sholihin H. Z., M. Pd. I (al Quran Hadits), Hj. Indasyah, M. Pd. I (al Quran Hadits) dan Dolhadi, M. Pd. (Ushul Fiqh).*(1706)