Sambas, Jum’at (13/11/2020) Kepala KUA Kec. Sajad meberikan materi khitan yang merupakan salah satu ajaran Agama Islam pada pengajian Kelas Ibu Hamil posyandu Melati 1 Dusun Gelam Desa Jirak Kec. Sajad yang dipandu oleh bidan Maya, A,Md.Keb.

Materi taklim disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Sajad Ahadi, S.Sos mengenai Khitan merupakan salah satu ajaran yang diturunkan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada Nabi Ibrahim Alaihissallam untuk dilaksanakan, disebut sebagai “kalimat” (perintah dan larangan). Beliau Alaihissallam telah menjalankan perintah tersebut secara sempurna, sehingga beliau dijadikan Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai panutan dan imam seluruh alam. Dalam surat al Baqarah Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Rabb-nya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “JanjiKu (ini) tidak mengenai orang-orang yang lalim”. [al Baqarah : 124].

Selain itu disampaikan pula pandangan islam tentang vaksinasi-imunisasi, potong atau cukur rambut bayi merupakan sunah muakkadah, baik untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan yang pelaksanaannya dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran dan langkah lebih baik jika dilaksanakan berbarengan dengan aqiqah. 

Nini Hefpriani, A.Md.Gz bidang gizi Puskeskesmas Sajad memberikan wejangan gizi yang diperlukan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan menyusui.  Ibu yang melahirkan bayi pastinya memiliki kebutuhan nutrisi yang baik, memberikan ASI ekslusif selama enam bulan kehidupan pertamanya. Salah satu cara terbaik yang dilakukan mengkonsumsi makanan yang bergizi, karena hal tersebut penting untuk perkembangan pertumbuhan bayi.

Tingkat kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu menyusui tentu berbeda dengan wanita yang tidak menyusui. Ibu menyusui memerlukan gizi seimbang untuk membantu perkembangan bayi secara optimal ungkapnya. Betapa pentingnya gizi bagi ibu hamil untuk menjaga ketahanan tubuh dan mempersiapkan stamina pada masa melahirkan nanti jelasnya. (AHD)