Putussibau – Kapuas Hulu,Kemenag Kapuas Hulu melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf sejak awal telah berupaya membangun sinergitas dengan Baznas Kapuas Hulu dalam berbagai kegiatan, dari Bulan Juli 2020 telah melakukan pendampingan Akreditasi yang dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan bantuan beasiswa kepada anak kurang mampu.

Bulan Agustus-September penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Kapuas Hulu memfasilitasi Baznas ke Baitul Maal Muamalat Jakarta berdasarkan saran dari Kasi Zakat Kanwil Kemenag Kalbar Ibu Hj. Emmy Jumatina, SE., M. Si. Baznas Kapuas Hulu yang dibimbing Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Kapuas Hulu Wakasman, S. HI., M. Si mengajukan propossal Ambulace Terapung ke Baitul Maal Muamalat (BMM) Jakarta dan pada pertengahan September Tim Baitul Maal Muamalat (BMM) Jakarta Bapak Jahidin, melaksanakan survey ke Desa Lokasi Bantuan yaitu Desa Teluk Aur, Desa Empangau dan Desa Empangau Hilir.

Hasil verifikasi data dan survey kelayakan di lapangan maka Baitul Maal Muamalat ((BMM) Jakarta memutuskan memberikan bantuan Ambulance terapung bagi warga Desa Teluk Aur Kecamatan Bunut Hilir Kabupatenn Kapuas Hulu dengan pertimbangan bantuanya bisa bermanfaat bukan hanya untuk Desa Teluk Aur, tetapi juga Desa dan Dusun yang berada di sekitarnya.

Tanggal 04 Desember 2020 bertempat di Desa Teluk Aur cita-cita dan harapan serta perjuangan tersebut terwujud yaitu diserahkanya Ambulance terapung bantuan dari Baitul Maal Muamalat (BMM) Jakarta oleh Bupati Kapuas Hulu kepada warga Desa Teluk Aur dan sekitarnya.

Dalam kegiatan tersebut atas nama Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu Penyelenggara Zakat dan Wakaf menyerahkan bantuan guru ngaji untuk para ustadz/ah yang ada di Desa Teluk Aur, Empangau dan Empangau Hilir. Ke depan Kemenag Kapuas Hulu melalui Penyelengggara Zakat Wakaf akan senantiasa membangun sinergitas dengan Baznas terkait rencana pembentukan “KAMPUNG ZAKAT” yang in syaa Allah akan dibagi 4 Zona yaitu Zona lintas air kapuas, Zona Lintas Utara, Zona Lintas Selatan dan Lintas Timur.

Saat ini Baznas dan Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Kapuas Hulu masih mempelajari serta melakukan study kelayakan serta melakukan kordinasi kepada instansi terkait agar pencanangan Kampung Zakat tidak sebatas wacana tetapi nyata dan mampu memberikan solusi meningkatkan perekonomian umat. Kita tidak ingin masyarakat selamanya sebagai mustahik atau penerima zakat habis untuk konsumsi, yang dikhawatirkan melahirkan sifat manja dan tidak mau berusaha, dengan adanya bantuan zakat produktif atau Kampung Zakat ini secara bertahap masyarakat bisa berangsur menjadi muzaki atau yang memberi zakat.