Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan salah satu Program Unggulan Kementerian Agama dalam Bidang Pendidikan, oleh karena itu kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan ditingkat Madrasah di daerah namun peserta terbaik dari masing masing daerah akan berkompetisi di tingkat Nasional.

Untuk memilih peserta terbaik untuk mengikuti KSM Tingkat Nasional, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat menggelar KSM tingkat Provinsi yang dipusatkan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaqlbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si. mejelaskan bahwa Kompetisi Sains Madraah Tahun 2016 ini merupakan KSM yang Kelima setelah penyelenggaraan KSM Keempat Tingkat Nasional pada tahun 2015 di Palembang-Sumetera Selatan.

KSM tingkat Provinsi kita gelar tidak lain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik jelas Ridwansyah.

Selaku panitia pelaksana, Ridwansyah mengharapkan agar ara peserta dapat berkompetisi dengan baik dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains, sehinga menghasilkan Siswa yang benar-benar mampu bersaing pada even nasional.

Selain dihadiri oleh Peserta KSM sejumlah 154 siswa, Hadir pula pada acara pembukaan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah serta para eselon III di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah / TOS / se-Kabupaten/Kota dan para pendamping. Sehingga jumlah keseluruhan undangan mencapai 300 orang.

Kegiatan KSM ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Suyahrul Yadi, M.Si, Selasa, (26/07/2016) kemarin.

Dalam arahannya beliau menegaskan bahwa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global diberbagai bidang kehidupan. Era kompetisi global melahirkan tantangan pada berbagai aspek kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan.

Oleh kerena itu Pendidikan pada era ini harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya tegas Syahrul Yadi.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran Agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Selain itu, beliau mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memacu potensi siswa berbakat dan berprestasi menjadi generasi yang kompetitif dan berperilaku unggul; generasi yang memiliki keunggulan dan keseimbangan dalam aspek kognitif, psikomotorik dan afektif.

Kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap tersebut hanya dapat dicapai melalui kegiatan yang mengakomodasi berbagai kecerdasan. Satu diantara cara yang dapat ditempuh adalah dengan mendorong siswa ke dalam aktivitas penelitian tambah Syahrul Yadi. (ir-Inmas)