Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) terbentuk dalam rangka menyikapi berbagai persoalan mengenai agama yang terjadi di  masyarakat. Untuk memperkuat peran dan fungsi FKUB Kota Pontianak, Walikota Pontianak menerbitkan Surat Keputusan  nomor 330/KESBANGPOL/TAHUN 2019 tanggal 12 Februari 2019.

Kemudian Pengurus FKUB Kota Pontianak periode 2019-2024 melakukan rapat konsolidasi dan koordinasi guna membahas persiapan dan mempelajari persoalan-persoalan tentang agama yang terjadi di masyarakat Kota Pontianak pada Kamis (21/2/2019) di gedung FKUB Kota Pontianak yang beralamat di Jalan Tabrani Ahmad Komplek Kantor Camat Pontianak Barat.

Rapat konsolidasi dan koordinasi Pengurus FKUB Kota Pontianak dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kota Pontianak, Sy. Rizal Al Mutahar,S.Sos, Kepala Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kota Pontianak, H.Ekhsan,S.Ag,M.Si, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Pontianak, Sunardi,SH,M.Si dan seluruh Pengurus FKUB Kota Pontianak Periode 2019-2024.

Rizal dalam sambutannya mengatakan pertama-tama mengucapkan selamat bekerja kepada Pengurus FKUB Kota Pontianak periode 2019-2024. Ia berharap pengurus FKUB periode ini dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan mempunyai peran yang penting dalam mengatasi persoalan-persoalan tentang agama yang terjadi di masyarakat.

Pria berkaca mata ini juga berharap pengurus periode ini harus solid, professional, proporsional, mempunyai jadwal rapat terstruktur dan tentative. Pengurus FKUB  segera melakukan audiensi dengan Walikota Pontianak agar segera dilantik kepengurusan FKUB Kota Pontianak tahun 2019-2024.

Sementara Eksan dalam sambutannya antara lain mengatakan FKUB mempunyai peran penting, antara lain dalam melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat. FKUB juga menjadi wadah untuk menampung aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat untuk selanjutnya menyalurkan aspirasi tersebut ke dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan pertimbangan kepala daerah.

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten Ketapang ini juga mengatakan FKUB juga melakukan sosialisasi regulasi dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat. FKUB Kota Pontianak bertugas memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah. 

Dalam acara tersebut juga diserahkan secara resmi SK Walikota Pontianak tentang Pengurus FKUB Kota Pontianak periode 2019-2024 oleh Kepala Kesbangpol Kota Pontianak Kepada Ketua FKUB Kota Pontianak (Drs.H.Abdul Sykur.SK) yang disaksikan oleh Kepala Kemenag Pontianak dan seluruh Pengurus FKUB Kota Pontianak. **(Ima/Ptk)