Sintang,  - Koperasi Ihklas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang terpilih sebagai koperasi berprestasi tingkat provinsi Kalbar.

Penobatannya sebagai koperasi berprestasi ini dihadiri oleh Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM  Bapak Untung Tri Basuki, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat beserta Jajarannya.

Penyerahan Piagam dan Hadiah Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi kalimantan Barat  yang dilaksanakan  di Hotel Star Jl. Gajahmada Pontianak, Kamis 01November 2018  yang diserahkan langsung oleh Deputy Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bapak Untung Tri Basuki Kepada Pengurus Koperasi Ikhlas yaitu Bapak H. Anang Nurkhalis, SE., S. HI, Nasirin, S. Sos dan Warjono Susanto, S. HI.

Penobatan sebagai koperasi berprestasi, merupakan sebuah prestasi yang didapatkan lantaran koperasi Ihklas mampu menggerakkan koperasi sesuai asas manfaatnya dan menggerakkan peningkatan kesejahteraan bagi anggotanya.Keberhasilan ini, didapatkan oleh koperasi Ihklas. Menjadi suatu kebanggan tersendiri. Sehingga bisa menjadi pemicu dan penyemangat bagi koperasi lainnya,

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat Mengatakan Jumlah Koperasi di Kalimantan Barat sekitar 4000 Lebih yang terbagi dalam beberapa kategori, ada yang Aktif, kurang aktif dan tidak aktif inilah kondisi Koperasi yang ada di kalimantan Barat,

Sementara itu Deputy Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi republik Indonesia memberikan apresiasi kepada Koperasi yang berprestasi agar jajaran koperasi terus meningkat kualitas agar semakin memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kemajuan perekonomian. “Koperasi sudah semakin berkualitas, harus diteruskan,” kata Untung secara singkat.

Sementara itu Ketua Koperasi Ikhlas Kantor Kementerian Agama kabupaten Sintang H. Anang Nurkhalis Mengatakan mengelola koperasi menjadi tugas unik, karena bagi mereka dalam pelaksanaannya dituntut untuk siap sedia mengikuti irama kegiatan satuan disamping tugas yang diamanahkan sebagai pengurus, pengawas dan pembina di koperasi harus terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Agar aktivitas koperasi terus berjalan, kami dituntut harus bisa berfikir ekstra sehingga bisa menyisihkan waktu untuk melaksanakan tugas kami sebagai pengurus dan pengawas koperasi, karena tidak ada waktu khusus untuk di koperasi. Meski tidak ada waktu khusus, tidak menghalangi kami untuk membuat koperasi in menjadi lebih maju, sehat dan lebih baik ke depan,” paparnya.

 “Saat ini lokasi koperasi ini memang masih berada di dalam lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang dan jenis usaha yang dijalan masih terbatas dirasakan para personel kami

Anang juga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan barat  yang telah mendaulat koperasi Ikhlas ini menjadi koperasi berprestasi di Kalimantan Barat

“Kami harap, pembinaa sekaligus penghargaan bagi koperasi yang berprestasi ini bisa rutin dilakukan, sehingga menjadi salah satu motivasi bagi kami untuk meningkatkan kualitas para penguurus, pengawas para anggota koperasi sehingga bisa sama-sama menjadikan koperasi ini lebih baik lagi ke depan,” paparnya.

Adapun kriteria yang telah dipenuhi Koperasi Ikhlas seperti melakukan Rapat Akhir Tahun (RAT) tepat waktu, mengalami perkembangan usaha setiap tahunnya, jumlah anggota yang terus bertambah. Membuat sera menyampaian laporan bulanan secara aktif dan teratur “Karena dinilai mengalami kemajuan setiap tahunnya koperasi ini bisa menjadi model atau percontohan bagi koperasi lainnya yang ingin melakukan studi banding,

Intinya secara umum Koperasi Ikhlas telah memenuhi semua ketentuan yang ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Kendati terpilih menjadi koperasi berprestasi, koperasi ini masih memerlukan peningkatkan kualitas pengurus, pengawas dan semua anggotanya sehingga diharapkan koperasi ini bisa lebih maju dan berkembang. Lanjut beliau.  ( akil, Sintang )