SINGKAWANG. Prestasi membanggakan ditorehkan kafilah Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) X (ke-sepuluh) Kota Singkawang pada FASI X tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dihelat di Kabupaten Mempawah dengan meraih Juara Umum III yang berhasil membawa pulang 18 trofi dengan Juara I sebanyak 5 trofi, Juara II sebanyak 2 trofi dan juara III sebanyak 11 trofi.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at s/d Minggu tanggal 28 s/d 30 April 2017 ini diikuti oleh 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Sehingga dengan demikian tercatat ada 4 kabupaten yang tidak ikut serta pada gawai akbar Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI). Keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi dan Kabupaten Putussibau.

Ketua Kafilah FASI X Kota Singkawang Rabuansyah, S.HI menyampaikan bahwa cabang lomba yang diikuti yaitu Cabang Tartil, Tilawah, Tahfidz, Tarjamah Lafziyah, Azan dan Iqomah, Ceramah, Kisah Islami, Kaligrafi, Mewarnai, Cerdas Cermat Al Qur’an, Nasyid dan Peragaan Sholat. Seluruh cabang yang diikuti tergolong dalam 3 (tiga) tingkat perlombaan yaitu Tingkat Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA).

Untuk tingkat TKA, Kafilah Kota Singkawang berhasil meraih Juara I cabang Tartil Putra dan Juara III cabang Tartil Putri, Juara III Nasyid, Juara I Cerdas Cermat Al Qur’an, Juara III Putra dan Putri cabang Peragaan Sholat, Juara III cabang Mewarnai Putra dan Juara I cabang Ceramah Putri.

Sementara itu tingkat TPA berhasil meraih Juara I cabang Nasyid, Juara III cabang Mewarnai Putri, dan Juara III cabang Ceramah Putri. Sedangkan untuk tingkat TQA berhasil meraih Juara II cabang Tilawah Putri, Juara III cabang Tartil Putri, Juara II cabang Tarjamah Lafziyah, Juara I cabang Kisah Islami Putra, Juara III cabang Kisah Islami Putri, Juara III cabang Kaligrafi Putra dan Putri serta Juara III cabang Ceramah Putri.

Adapun peserta yang ditetapkan sebagai juara I akan mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada FASI X tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.(Jk/hms)