Enam puluh orang peserta calon pasangan suami-istri  (pasutri) dengan antusias mengikuti Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) yang dilaksanakan Rumah Betang Apang Aloy Bemban Pengersit Kecamatan Pinoh Selatan pada tanggal 22-24 Februari 2019. KPP ini diselenggarakan oleh Seksi Keluarga Dewan Pastoral Paroki (DPP) SPM Diangkat Ke Surga Nanga Pinoh. Hadir dalam acara pembukaan Pastor Kepala Paroki Pastor Markus Suwito,Pr, Gabriel Salim,S.S. Penyuluh Agama Katolik dan Ketua Seksi Keluarga DPP SPM Diangkat Ke Surga Nanga Pinoh Antonius Bisat Madsun,SP.

“Seringkali kita orang Katolik ini menganggap bahwa mengurus perkawinan Katolik itu terlalu sulit dan rumit. Sebenarnya tidak sulit apalagi rumit. Gereja mengajak umatnya agar perkawinan itu direncanakan dengan matang dan perkawinan harus dipersiapkan dengan baik. Ingat, Perkawinan Katolik itu mempunyai ciri monogam dan tak terceraikan. Maka untuk mempersiapkan ciri perkawinan yang monogam dan tak terceraikan itu calon pasutri harus mengikuti KPP,” tegas Pastor Markus Suwito, Pr mantap saat membuka sambutannya dihadapan peserta KPP.

Dalam Kursus Persiapan Perkawinan tersebut Panitia mempersiapkan materi-materi yang relevan dengan calon pengantin yaitu; Panggilan Hidup Kristiani dan Panggilan Menjadi Orangtua yang disampaikan oleh Gabriel Salim, S.S. Penyuluh Agama Katolik Kantor Kemenag Kab Melawi; Kesehatan Keluarga disampaikan oleh dokter Yohanes dari RSUD Melawi; Ekonomi Rumah Tangga disampaikan oleh aktivis CU Lantang Tipo; Hukum dan Moral Perkawinan, Spiritualitas dan Liturgi Perkawinan disampaikan oleh Pastor Andreas Puan Pastor Paroki SPM Diangkat Ke Surga Nanga Pinoh; dan pemateri terakhir adalah pejabat dari Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Melawi tentang tata cara memgurus Akte Perkawinan dan Akte Kelahiran Anak. (Gaby)