MELAWI - Kantor Urusan Agama dan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Pinoh Utara sukses menyelenggarakan Wisuda Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Terpadu Perdana Angkatan I se-Kecamatan Pinoh Utara di Masjid Jami’ Nanga Pinoh Desa Tekelak Kecamatan Pinoh Utara, Minggu (28/12/2020).

Wisuda Santri Terpadu se-Kecamatan Pinoh Utara diikuti oleh 6 lembaga TPQ yang ada di Kecamatan Pinoh Utara, yaitu TPQ. Miftahul Ulum Desa Tekelak, TPQ.At-taqwa Desa Melawi Kiri Hilir, TPQ.Jamiatul Ihsan Desa Kompas Raya, TPQ Baiturrahim Desa Nanga Man, TPQ Al-Falah Desa Tanjung Paoh, dan TPQ /MADIN Baiturrahman Desa Kayan Semapau dengan jumlah Santri 71 orang. Dan dihadiri oleh perwakilan Wakil Bupati Melawi Bambang Setiawan, SE dan perwakilan Kepala Kantor Kemenag Melawi Muhd. Sukarno, SH.I.

Ketua Panitia Wisuda Santri Terpadu se-kecamatan Pinoh Utara, Alhamidi menjelaskan prosesi wisuda dilaksanakan dengan mematuhi standar protokoler kesehatan dan membagi prosesi wisuda menjadi dua sesi.

“Disamping itu untuk meningkatkan kualitas santri yang akan diwisuda dan untuk membatasi peserta wisuda, panitia menetapkan santri yang akan diwisuda harus dinyatakan lulus seleksi oleh panitia, yakni harus hafal 15 surah-surah Pendek, 15 doa sehari hari serta harus hafal bacaan shalat 5 waktu serta prakteknya”, terang Alhamidi.

Kepala Kantor Urusan Agama Kec.Pinoh Utara, H. Nuryanto, SH.I berharap program-program keagamaan seperti kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-qur’an mendapat perhatian khusus dan dukungan penuh dari berbagai pihak utamanya dari para Kepala Desa tempat domisili Taman Pendidikan Al-qur’an berada. Sebab aktifitas di Taman Pendidikan Al-qur’an adalah aktifitas-aktifitas untuk mencetak generasi-generasi Qurani.

“Jadi dengan memberikan perhatian dan dukungan kepada Taman Pendidikan Al-qur’an sama dengan Kepala Desa ikut andil mencetak generasi Qur’ani di Desanya”, papar H. Nuryanto.