Senin (01/03/2021) Aksi pembakaran lahan yang marak terjadi beberapa pekan terakhir diwilayah Kabupaten Kubu Raya semakin mengkhawatirkan. Asap hasil pembakaran lahan mulai mengganggu aktfitas warga dan berdampak buruk untuk kesehatan.

Pembakaran lahan yang dilakukan sejumlah oknum tersebut sudah sepantasnya mendapatkan hukuman yang setimpal, mengingat dampak kerusakan yang ditumbulkan begitu kentara. Kondisi tersebut juga berdampak pada aktifitas ASN Kemenag Kab. Kubu Raya, beberapa ASN mulai mengalami gangguan pernafasan diakibatkan kabut asap tersebut. Selain dampak kabut asap, hal lain yang cukup mengkhawatirkan ialah bahaya api yang sewaktu-waktu dapat mengancam bangunan gedung Kantor Kemenag Kab. Kubu Raya.

Kebakaran sempat meluas hingga membakar beberapa ruang kelas SMK N 1 Sungai Raya yang berjarak sekitar 150 Meter dari gedung Kantor Kemenag Kab. Kubu Raya. Atas peristiwa tersebut Kepala Kantor Kemenag Kab. Kubu Raya mengintrusksikan kepada petugas keamanan untuk berjaga-jaga memantau kondisi mengingat kondisi lahan gambut yang sangat mudah terbakar dan menjalar dengan cepat.