Bersama kepala KUA, MUI  Tekarang dan  pengurus UPZ, penyuluh Agama Islam pada Jumat (17/9/2020)  lakukan safari Jumat di masjid Nurul Ibadah Desa Rambayan.

Koordinator penyuluh, Nukman dalam sambutannya  menyatakan bahwa safari jumat ini sebagai wujud tugas penyuluh. Selain memberikan penyuluhan keagamaan pada masyarakat momen safari juga ditujukan untuk mendata masjid.

Sementara kepala KUA dan MUI menyampaikan informasi tentang zakat dan himbauan untuk senantiasa menjaga ukhuwah islamiah.

Dalam khutbahnya kepala KUA menyampaikan tentang perhitungan zakat dan dasar kewajiban zakat. Terlebih di musim panen ini para petani yang telah sampai nisab yaitu 653 kg diharapkan untuk menunaikan kewajiban zakatnya.

Setelah sholat Jumat, Penyuluh Nukman yang didampingi penyuluh Mudakir dan penyuluh Supriyanto kemudian mengadakan interview bersama pengurus masjid. 

Diantara data yang dikumpulkan adalah tentang data umum masjid : id masjid, nama, jenis topologi dan tahun berdiri. Kemudian informasi lokasi, kapasitas, perpustakaan masjid, kalibrasi masjid, SDM masjid, fasilitas umum, fasilitas Anas, fasilitas disabilitas, kegiatan dan foto masjid.

Dalam pendataan ditemukan bahwa dulu masjid Nurul ibadah telah diukur arah kiblatnya, tapi tidak memiliki sertifikat arah kiblat.  Mengenai arah kiblat juga masih belum satu suara. Sehingga ini jadi  tantangan para penyuluh untuk lebih mensosialisasi pentingnya kalibrasi.

Safari Jumat diakhiri dengan ramah tamah bersama masyarakat dan akan dilanjutkan Jumat depan di masjid berikutnya.