Kemenag@Kalbar.  Berkembangnya Virus Corona Covid-19 di dunia termasuklah Indonesia dan Kalimantan Barat ini tentu menimbulkan dampak kesehatan, ekonomi dan dampak sosial. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si saat Launching Gerakan Peduli dampak Covid-19 di Kalimantan Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ridwansyah memberikan apresiasi kepada para penyuluh yang telah berinisiatif untuk melakukan upaya-upaya sosial seperti ini, yang telah bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Barat.

“Kita berharap mudah-mudahan kegiatan serupa bisa dilakukan oleh Kelompok masyarakat lain termasuklah di rumah-rumah Ibadah, masjid, gereja dan tempat lainnya dalam menunjukkan semangat kepedulian sosial kita kepada saudara kita yang mengalami kesulitan” harap Ridwansyah.

Ridwansyah menambahkan gerakan ini merupakan suatu bentuk dukungan yang luar biasa dari para penyuluh yang tergabung dalam Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Provinsi Kalimantan Barat sebagai gerakan kepedulian dalam rangka ikut memberikan dukungan dan pencegahan pengembangan dari Covid-19 khususnya di Kalimantan Barat.

Lebih lanjut Ridwansyah menjelaskan bahwa berkembangnya Virus Corona / Covid-19 didunia, Bangsa Indonesia termasuklah Kalimantan Barat ini tentu menimbulkan dampak kesehatan, ekonomi dan dampak sosial.

“Salah satu bentuk kepedulian kawan-kawan ini adalah ikut meringankan saudara kita yang mengalami dampak ekonomi akibat diterapkannya kebijakan pemerintah untuk berada dirumah, sehingga masyarakat yang kurang beruntung mengalami kesulitan ekonomi” imbuhnya.

Oleh karena itu Ridwansyah berharap dengan bantuan yang diberikan itu dapat meringankan beban kebutuhan pokok masyarakat yang kurang mampu.

“Tentu ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak baik dari tokoh agama, tokoh adat  dan tokoh masyarakat untuk saling bekerjasama dan saling mendukung dalam satu kesatuan, sehingga usaha ini dapat terlaksana dengan baik. Kalau ada perbedaan-perbedaan maka singkirkanlah dahulu sehingga dengan kebersamaan, penyebaran virus ini dapat kita cegah dan kita hentikan” harap Ridwansyah. (Ir).