Perasaan yang berat terucap dari salah satu guru MAN 2 Ketapang, M. Nashir Syam, M.Pd.I yang mendapat kesempatan untuk mewakili segenap keluarga besar Madrasah dalam memberikan kesan dan pesan kepada salah seorang dari Guru Kontrak, Dedy Sirajudin, S.Pd.I yang telah mendapatkan SK baru untuk mengabdi di tempat yang lain. Adapun hal tersebut disampaikan dalam moment perpisahan yang dilakukan pada Hari Sabtu, 9 Januari minggu yang lalu di salah satu ruangan kelas MAN 2 Ketapang.

Dalam pesan dan kesan yang disampaikanya, beliau menceritakan secara singkat bagaimana hubungan yang terjalin antara dirinya dengan Guru Kontrak tersebut, dimana sejak kehadiran beliau di Madrasah pada Tahun 2012 yang lalu bersama dengan dirinya menggagas dan sekaligus bersama-sama dalam kepanitiaan untuk melaksanakan kegiatan ibadah kurban di MAN 2 Ketapang, hal itu dikarenakan karena beliau merupakan salah seorang Guru yang diamanahkan untuk menjadi rekan mitra di bidang Keagamaan Madrasah hingga Tahun 2020 yang lalu. Dalam kesempatan itu juga beliau menyampaikan rasa kehilangannya atas sosok yang karena kedekatannya sudah beliau anggap seperti adik sendiri sehingga dalam komunikasinya di Madarasah sering beliau keceplosan dengan memanggilya dengan sebutan om Dedi atau Dedi saja. Dimata beliau dan juga dimata semua dewan Guru serta TU, Guru yang mahir dalam bermain Futsal dan Voly tersebut sangat aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan di Madrasah terlebih dalam membimbing para siswa dalam setiap amanah sebagai guru pembimbing yang diberikan kepadanya. Lebih lanjut, M. Nashir Syam, M.Pd.I juga memberikan pesannya agar setelah tidak berada lagi di MAN 2 Ketapang untuk selalu mengingat pribahasa bijak yang menyatakan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, yang artinya dimanapun kita berada, agar selalu bisa mengikuti dan menghormati kebiasaan atau adat istiadat yang ada. “selamat jalan pak Dedi Sirajudin” demikian kalimat penutup yang disampaikan beliau dalam mengakhiri kesan dan pesannya.

Sementara itu berbagai ucapan perpisahan juga turut disampaikan oleh beberapa rekan guru melalui media WhatsApp Grup MAN 2 Ketapang diantaranya M. Nashir Syam sendiri yang menuliskan kalimat “bukan perpisahan yang kutangisi tapi pertemuan yang kusesali”, tak lupa Sari Handayani, S.Pd juga menuliskan kalimat“ selamat bertugas di tempat yang baru ya pak Dedi, sukses selalu….maaf kalau banyak khilaf kita selama di MAN 2 ya”. “sukses selalu mas bro” tulis Emi Awalliah, S.Si, “sukses selalu pak bro Dedy..maaf atas salah kate cande gurau kite…” oleh Sri Kurniati, S.Pd. serta sebuah kata “lanjutkan” dari Ahmat Rauf Sanjaya, S.Pd.