Putussibau – Kapuas Hulu, Setelah lolos seleksi tingkat Kabupaten, enam siswa MAN 1 Kapuas Hulu mengikuti ajang bergengsi Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada minggu (19/9/2021).

KSM tingkat provinsi yang dilaksanakan secara online dengan peserta dari Madrasah Aliyah Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Kalbar yang mana pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika Terintegrasi dimulai pukul 07.30 – 09.30 serta sesi kedua Kimia terintegrasi, Geografi terintegrasi, Ekonomi terintegrasi dimulai pukul 10.00 – 12.00.

Dikatakan Waka Kesiswaan Yenni Budi Hastuti pelaksanaan KSM berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Selain itu juga, hari sebelumnya dilaksanakan uji coba tidak terjadi kendala.

”Alhamdulillah selama pelaksanaan KSM tidak terjadi kendala semua berjalan dengan lancar karena sudah disiapkan dengan baik”.

Selanjutnya Kepala MAN 1 Kapuas Hulu Iskandar Syahputra Gunawan mengapresiasi kepada semua yang telah terlibat dalam membantu pelaksanaan KSM ini terutama kepada keenam  siswa yang mengikuti lomba atas kerja keras dalam menghadapi KSM tingkat provinsi ini.

“semoga kerja keras mereka membuahkan hasil sehingga dapat lolos ke tingkat nasional”.

Kepala Madrasah juga mengharapkan mudah-mudahan KSM tingkat provinsi tahun 2021 ini dapat memperoleh hasil yang terbaik.

Dari setiap kompetisi kalah atau menang itu hal biasa, namun membentuk mental dan mengasah kemampuan untuk berkompetisi itu yang harus kita tetap latih dan dukung agar kelak dapat menjadikan generasi madrasah yang lebih kreatif, inovatif serta mampu mengeksplorasi segenap kemampuan yang ada pada diri pribadi bagi setiap insan madrasah, tambah Iskandar.

Keenam siswa yang mengikuti KSM tingkat provinsi yakni Aprita Riskiya XII IPS 1 bidang Geografi, Putri Icha Apriyanti XII IPS 2 bidang Ekonomi, Sania Lutfhia Atika XII IPA 1 bidang Biologi, Tanti Setio Ningrum XII IPA 1 bidang Matematika, Dwi Kartini Apriza XII IPA 2 bidang Fisika dan Selvi Hardiyanti XII IPA 2 bidang Kimia.