Mengakhiri tahun pembelajaran 2019/2020, banyak sekolah dan madrasah yang mulai mempersiapkan penerimaan peserta didik baru tahun pembelajaran 2020/2021, mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK bahkan perguruan Tinggi. Bahkan mulai dari sistem online sampai kepada sistem manual atau reguler. 

Begitu juga di MAN 1 Ketapang, untuk mempersiapkan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021, dibentuklah panitia penerimaan siswa baru (PPDB) tahun pelajaran 2020/2021. Dalam pelaksanaanya panitia peserta didik baru menerapkan dua pola dalam penerimaan peserta didik baru yaitu sistem online dan sistem reguler.

Sistem online penerimaan peserta didik baru dengan memanfaatkan media sosial, para calon peserta didik baru cukup dengan mengklik dan mengisi formulir secara online yang dapat dilakukan dengan HP Android, Komputer ataupun Laptop.

Selain sistem online, panitia PPDB MAN 1 Ketapang menggunakan sistem reguler. Sistem reguler dilaksanakan untuk mengantisipasi bagi mereka yang tidak mengetahui tata cara sistem online, serta bagi mereka yang tidak memiliki sarana teknologi seperti HP, Komputer atau Laptop. Sistem reguler dilaksanakan mulai tanggal 8-13 Juni 2020, dengan cara calon pendaftar cukup mendatangi panitia PPDB dan mengisi serta melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan. 

Dalam sistem reguler, panitia PPDB tetap mengedepankan protokol Covid-19, antara lain :

1. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, serta Hand Sanitazier dan Alkohol. 

2. Memakai masker dan Facemask atau APD (Alat Pelindung Diri) 

3. Menjaga jarak antara satu dengan lainnya minimal satu meter

4. Tidak berlama-lama atau bertele-tele dalam pengurusan pendaftaran. 

Kepala MAN 1 Ketapang, H. Mauluddin, S. Ag, berharap agar pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 dengan sistem reguler dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol covid-19. Ia juga berharap agar panitia dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.