(Rabu, 07/10/2020). Sesuai dengan Juknis yang dikeluarkan oleh Dirjend Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa kegiatan KSM yang biasanya dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Satuan Pendidikan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional, namun  dimasa pandemic covid 19 ini.

Kegiatan KSM atau Kompetisi Sains Madrasah dilaksanakan hanya pada jenjang Satuan Pendidikan (21-30 september 2020) dan KSMO atau Kompetisi Sains Madrasah Online Tingkat Nasional (9-10 November 2020). Untuk menghadapi kegiatan tersebut, MAN 2 Ketapang berupaya melaksanakan kegiatan persiapan dan  bimbingan bagi peserta didik yang telah terpilih ditingkat satuan pendidikan dan akan mengikuti lomba KSMO tingkat nasional Tahun 2020.

Salah satu bentuk bimbingan yaitu pemetaan materi KSM. Kegiatan ini berlangsung di MAN 2 Ketapang dan bertujuan agar para peserta KSMO MAN 2 Ketapang memiliki panduan dalam mempelajari materi-materi yang akan dilombakan dalam kegiatan KSMO.

Kegiatan pemetaan materi yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 07/10/2020 tersebut dimulai dengan sambutan Kepala MAN 2 Ketapang, sambutan dan arahan nara sumber (Kasi Penmad Kantor Kemenag Kab. Ketapang, Fahriyani, S.Ag), dan presentasi oleh masing- masing bidang lomba KSMO terdiri dari Fisika (Drs. Abdul Haris Nasution sebagai pembimbing dan Reza Maulana sebagai peserta), Kimia (Emy Awalliah, S.Si sebagai pembimbing dan Sapuan Nur sebagai peserta), Biologi (Vivi Komalasari, S.Pd sebagai pembimbing dan Alwa Aulia sebagai peserta), Matematika (A.Rauf Sanjaya sebagai pembimbing dan Aldiansyah sebagai peserta),  Geografi (Hariansyah, S.Pd sebagai pembimbing dan Tedi Lamira sebagai peserta), Ekonomi (Wiwit Margianti, S.E.i dan Bena Abelina sebagai peserta).  

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Guru PAI MAN 2 Ketapang, M.Nasyir Syam, M.Pd.I, Yuniar, S.Pd.I, dan Erwan Sahroni, S.Pd.I serta peserta dari anggota KKM MAN 2 Ketapang yaitu dari MA Sirajul Mukminin Az-Zakiyah.