Bimbingan teknis implementasi pembelajaran berdasarkan Kurikulum KMA 183 dan 184 serta implementasi e-learning Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk guru Madrasah Aliyah baru-baru ini telah dilaksanakan secara virtual, senin s.d selasa 5-6 Oktober 2020 yang lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI ini diikuti oleh seratus lebih peserta dari berbagai Madrasah Aliyah yang berada di zona Indonesia bagian tengah dan bagian timur. Madrasah Aliyah Negeri 2 Ketapang dalam hal ini turut serta mengirimkan pesertanya, yakni Guru Mapel Al-Qur’an Hadits yaitu M. Nashir Syam, S.Ag, M.Pd.I.

Terkait dengan itu Chaidir, S.Pd.I, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Ketapang memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut dengan berharap agar melalui bimtek dimaksud dapat menambah wawasan guru Al-Qur’an Hadits terutama dalam implementasi e-Learning terkait pembelajaran di era pandemic.

Kegiatan bimtek tersebut diisi oleh para pemateri yang memiliki kompetensi tingkat nasional, dengan materi sekitar KMA 183 dan 184, teknis mendesain adaptasi kurikulum al-Qur’an Hadits pada masa darurat, mengoperasionalkan LMS E-Learning, revolusi pembelajaran dan lanin sebagainya.

Menurut M. Nashir Syam peserta dari MAN 2 Ketapang, materi bimtek ini ada yang bersifat kajian teoritis dan sebagian aplikatif. Sekalipun bimtek ini tidak dapat diikuti secara optimal karena terkendala sinyal atau jaringan internet yang sering terputus dan suara yang kurang jelas, akan tetapi setidak-tidaknya sangat membantu peserta dalam menambah wawasan pembelajaran khususnya dalam kondisi pandemic. “Mudah-mudahan ada kegiatan lanjutan dan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya oleh para rekan guru Al-Qur’an Hadits jenjang Madrasah Aliyah”, ujarnya.