MAN 2 Ketapang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun Tahun Pelajaran 2019/2020  secara Online mulai tanggal 02 Juni 2020 sampai dengan 12 Juni 2020. PAT dilaksanakan secara online karena pencegahan penyebaran Covid-19 dan masih dalam masa perpanjangan  masa belajar siswa di rumah sesuai dengan Surat Edaran  Nomor : 2559/Kw.14.2/1/PP.00.05/2020 Tentang Perpanjangan Masa Belajar di Rumah Tanggal 29 Mei 2020  oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dan juga mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Siswa MAN 2 ketapang yang mengikuti PAT berjumlah 197 siswa yang bertempat tinggal di seputaran Kecamatan Matan Hilir Selatan. Jumlah mata pelajaran yang diujikan berjumlah 21 mata Pelajaran yang terdiri dari Mata pelajaran PAI,Umum,Peminatan dan Lintas Minat.

Alur pelaksanaan PAT secara Online sebagaimana dijelaskan oleh ketua Panitia PAT Drs. Abdul Haris Nasution yaitu mulai dari pembuatan soal dari guru mata pelajaran  diujikan yang dikumpulkan ke Panitia PAT berupa soft copy kemudian panitia  membuat group Whatsap yang pesertanya adalah admin group whatsApp tiap kelas dan dikoordinir admin Panitia PAT.

Soal-soal PAT dishare ke admin group kelas untuk di share ke siswa yang ada di group kelas, panitia juga membuat akun google form untuk menyimpan jawaban siswa kemudian operator mengedit dalam bentuk Excel untuk mendapatkan skor benar dan salah soal yang sudah dikerjakan oleh siswa kemudian baru dikirim ke mata pelajaran yang bersangkutan untuk mengolah nilainya. Harapan Panitia Pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan secara online yang  dilaksanakan dari tanggal 02 – 12 Juni 2020 berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.