Sanggau Ledo_Bengkayang. Sanitasi merupakan suatu upaya dalam mewujudkan dan menjamin keadaan suatu lingkungan dalam keadaan sehat. Di masa pandemi virus Covid 19, setiap madrasah dituntut untuk menyediakan sarana sanitasi dan kebersihanyang memadai, mulai dari toilet atau kamar mandi yang bersih, ketersediaan disentifektan dan handsenitezer serta kesediaan sarana cuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih.

Maka dari itu MAN Bengkayang membangun tempat cuci tangan permanen guna lengkapi fasilitas sanitasi di Madrasah. Dengan mewujudkan kelengkapan sarana sanitasi yang memadai, Kepala MAN Bengkayang Sunirman,S.Sos membangun tempat cuci tangan permanen yang ditempatkan pada beberapa titik sentral di lingkungan madrasah.

“Sebelumnya kami telah membeli fasilitas cuci tangan untuk tiap-tiap kelas yang berupa ember besar yang dimodifikasi sekian rupa hingga menjadi tempat cuci tangan yang fungsional. Namun sekarang kami telah membangunfasilitas cuci tangan yang pemanen dengan desain yang menarik dan kami tempatkan dibeberapa titik sentral madrasah, mulai dari di depan tiap-tiap kelas, di depan perpustakaan, depan kantor Guru, juga depan Kantor TU dan kepala Madrasah” papar Sunirman.

Kepala MAN Bengakayang juga menambahkan bahwa beliau sangat berharap usaha yang maksimal ini yaitu dengan adanya fasilitas yang menunjang kesehatan seperti sarana cuci tanganyang memadai dapat menjadikan Civitas MAN Bengkayang baik Guru atau Tata Usaha menjadi selalu waspada dalam menjaga kesehatan dengan selalu rajin dalam mencuci tangan.

Dan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, Kepala MAN Bengkayang juga berharap agar pandemic Virus Covid 19 ini segera berakhir dan aktivitas belajar mengajar kembali seperti semula (MANBky)