Pendidikan dan kesehatan adalah dua sisi mata uang, yang tidak terpisahkan satu sama lainnya. Terdidik tanpa memiliki kesehatan adalah sia-sia. Demikian sebaliknya, sehat namun tidak terdidik juga sia-sia. Dari data yang ada, ternyata umumnya penyakit yang diderita anak usia sekolah berkaitan dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS).

Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai PHB di sekolah merupakan kebutuhan mutlak. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui pendekatan Usaha Kesehatan Sekolah.

Madrasah Aliyah Negeri Model Singkawang, dari masa ke masa telah menjalani program Usaha Kesehatan Sekolah dimulai dari dibentuknya Struktur Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dilanjutkan dengan Palang Merah Remaja (PMR) dan Kader Kesehatan Remaja (KKR).

Berbagai Usaha telah dilakukan oleh stakeholder yang ada di MAN Model Singkawang, dimulai dengan instruksi Ersan selaku kepala madrasah sekaligus turun langsung dalam mewujudkan sekolah bersih, sehat dan indah yang diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga Kependidikan serta seluruh siswa dengan dicanangkan program sabtu bersih dan lain sebagainya.

Alhamdulillah usaha yang maksimal telah membuahkan hasil hingga akhirnya Madrasah Aliyah Negeri Model Singkawang memperoleh Juara 1 dalam Ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota hingga pada hari Kamis, 17 Nopember 2016 MAN Model Singkawang berkesempatan mewakili Kota Singkawang dan berlanjut ke Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi yang diikuti seluruh sekolah perwakilan kabupaten/kota tahun 2016.

Tepat Pukul 09.30 WIB beberapa tim penilai yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kanwil Kemenag, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat. Didampingi oleh staf dari Kesra Pemkot , Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan Kota Singkawang hadir ke MAN Model Singkawang.

Dari hasil evaluasi yang perlu diperbaiki dan yang menjadi catatan dari tim penilai adalah agar limbah yang berasal dari kantin untuk segera di alirkan airnya dan tidak tergenang di belakang kantin sehingga kelihatan bersih dan indah, pada kesempatan ini kepala madrasah berharap usaha kebersihan dan Kesehatan Sekolah dapat terus berlanjut agar semua stakeholder yang ada di MAN Model Singkawang nyaman dan sehat dalam menjalankan aktifitas, hingga Madrasah Aliyah Negeri Model Singkawang bisa juara di tingkat provinsi, semoga...(end-Mandels)