Ada yang berbeda pada hari sabtu, 23 April 2016, Madrasah Aliyah Negeri Model Singkawang kedatangan tamu dari Madrasah Aliyah Negeri Sanggau Kapuas. Bermula dari rencana kunjungan yang sudah diprogramkan melalui OSIS MAN sanggau dan telah berkoordinasi dengan pihak MAN Model Singkawang beberapa waktu yang lalu.

Pihak MAN Sanggau datang agak lambat yaitu sekitar Pukul 16.00 WIB di MAN Model Singkawang karena menurut Bapak Kaspul salah satu guru di MAN Sanggau bahwa ada sedikit kesalahan tehnis yaitu salah satu bis yang membawa rombongan macet setelah memasuki wilayah kota singkawang, namun hal ini tidak menjadikan halangan yang berarti bagi MAN Sanggau untuk berkunjung ke MAN Model Singkawang.

Kegiatan Penyambutan pun dilakukan oleh seluruh stakeholeder yang ada di MAN Model Singkawang baik itu Guru, Tata Usaha Maupun siswa dan Seluruh tamu dipersilahkan untuk istirahat sambil menikmati hidangan yang telah disediakan.

Dari Pihak MAN Sanggau Sendiri yang hadir adalah Seluruh Wakil Kepala, Guru pembimbing dan Siswa Kelas XII yang telah selesai melaksanakan Ujian Nasional pada beberapa waktu yang lalu. Menurut salah satu guru MAN Sanggau, Bapak Kaspul bahwa Kepala MAN Sanggau berhalangan hadir dikarenakan ada beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan bersamaan dengan Kegiatan Kunjungan.

Pukul 16.30 Kegiatan dimulai dengan Pertandingan persahabatan yaitu pertandingan Volly, Futsal maupun tenis meja antar Guru dan siswa dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan seni yang selenggarakan pada Pukul 19.30 di Gedung PSBB MAN Model Singkawang, berbagai atraksi seni ditampilkan baik oleh tuan rumah maupun dari MAN Sanggau yang dihiasi dengan riuh tepuk tangan oleh kedua belah pihak.

Menurut Kepala MAN Model Singkawang Ersan Sanusi dalam sambutannya, bahwa kegiatan kunjungan ini sangat berarti dan MAN Model Singkawang sangat tersanjung dengan kedatangan dari pihak MAN Sanggau. Bapak Ersan Sanusi berencana untuk membalas kunjungan MAN Sanggau pada tahun depan dan semoga bisa terlaksana dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Kegiatan diakhiri dengan doa yang disampaikan oleh ustd. Hafizin yang merupakan salah satu guru di MAN Model Singkawang. (endri)