Mempawah. Senin (25/01/2021), Pekim (Pekan Kimia) 2021, MAN 1 Mempawah kembali mendapatkan sebuah kehormatan berupa undangan untuk mengikuti agenda tahunan dan kegiatan yang rutin diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (Himdika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kegiatan ini selalu diadakan setiap tahunnya dan mengundang sekolah-sekolah yang berada diseluruh daerah khususnya Kalimantan Barat. Kali ini event yang diadakan terdiri dari beberap jenis lomba yaitu C2 (Chemistry Competition), Lomba Cipta Lagu Kimia (LCLK), dan Esai untuk tingkat SMA/MA sederajat.

Seluruh jenis kegiatan lomba untuk tahun ini diadakan secara online untuk C2 melalui platform Google meet sedangkan untuk LCLK mengirimkan dalam bentuk video serta Essai mengirimkan hasil karya melalui google form dan yang lulus seleksi serta masuk 10 besar akan presentasi melalui zoom meeting.

MAN 1 Mempawah sendiri akan mengutus beberapa orang peserta untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut. Lomba yang diikuti ialah Lomba Cipta Lagu Kimia dan Lomba Esai. Untuk lomba cipta lagu kimia MAN 1 Mempawah mengutus 1 kelompok yang terdiri dari 3 orang siswa dan siswi diantaranya Izhar (XII IPS 2), Gandang Kalistiwa (XII IPS2) dan Latifah Quratu’ayun (XI IPS1), sedangkan untuk esai mengirimkan dua buah karya yaitu untuk kelompok terdiri dari Siti Maryam Belina (XI MIPA) dan Tasya Aulia (XI MIPA) serta individu diwakili oleh Afif Nasrullah A’isy (XII MIPA).

Konfirmasi untuk mengikuti kegiatan ini langsung disampaikan oleh Guru yang mengampu mata pelajaran Kimia, Fatonny Fakhrurrazie, S,Pd. Fatonny menyampaikan menyambut baik kegiatan ini dan senang untuk berpartisipasi, terlebih kegiatan ini juga yang mengadakan sama-sama satu almamater dengan saya.

Harapan saya dalam mengikuti kegiatan ini untuk sekolah semoga siswa dan siswi MAN 1 Mempawah memiliki mental persaingan dalam hal positif seperti ini selain itu juga ini merupakan wadah bagi mereka untuk menyalurkan minat dan bakatnya masing-masing.

Sebetulnya ada tiga jenis kegiatan yang dapat kita ikuti yaitu C2, Esai dan Lomba Cipta Lagu Kimia, hanya saya akan memfokuskan pada lomba Esai dan LCLK untuk tahun ini alasannya untuk C2:

  1. Telat dalam hal persiapan terlebih di masa seperti ini sulit untuk membimbing siswa yang akan mengikuti kegiatan C2 yang mirip seperti olimpiade;
  2. Mendapat kesempatan dan dipercaya untuk melaksanakan Madrasah Riset, jadi ini merupakan salah satu moment yang betul-betul dapat dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk persiapan, untuk kita mengetahui sejauh mana pengetahuan awal siswa mengenai karya tulis dan harus memulainya dari mana, tambahnya.

Kepala Madrasah juga menyampaikan bahwa untuk terus mengawal persiapan-persiapan terkait event yang sedang berjalan ini, agar tidak tertinggal informasi. Harapannya untuk mengikuti ketiga jenis lomba tersebut terpaksa harus dilepas satu yaitu C2 dan akan memfokuskan juga dengan dua jenis lomba yang tersisa.

Semoga siswa dan siswi yang telah diberikan kesempatan serta kepercayaan untuk mengikuti lomba ini dapat memaksimalkan usaha mereka dalam berkompetisi. (FF293)