Pandemi Covid-19 telah merubah cara dan gaya hidup banyak orang. Setiap orang mau tidak mau harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah guna mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Diantaranya adalah dengan membatasi aktivitas dan kegiatan di masyarakat. Terutama yang menyebabkan kerumunan atau berkumpulnya banyak orang. Sehingga beberapa aktivitas dan pekerjaan dilakukan secara Work From Home (WFH) dan online.

Kondisi tersebut jelas sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia. Pada akhirnya membuat manusia mencari jalan agar tetap dapat melakukan rutinitas pekerjaan walaupun dengan kondisi yang relatif terbatas. Sehingga teknologi komunikasi dan media sosial menjadi pilihan untuk bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Manusia ‘dipaksa’ hidup dalam era digital yang luar biasa pesat kemajuannya.

Hanya ada dua pilihan, yakni mengikuti perkembangan zaman atau tertinggal oleh pesatnya kemajuan zaman. Media sosial menjadi salah satu hal yang harus dikuasai dan dimanfaatkan dengan baik oleh siapa saja yang ingin tetap eksis di tengah krisis melanda. Saat ini, media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah guna meningkatkan ekonomi keluarga. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Founder Borneo Talent School, Alwa Rerizia saat menjadi narasumber dalam kegiatan pertemuan rutin yang diselenggarakan oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pontianak. Kegiatan berlangsung pada Jumat (18/9/2020) di Aula Abdul Muis Bappeda Kota Pontianak. Program kerja Bidang Ekonomi DWP Kota Pontianak ini mengusung tema “Memaksimalkan Media Sosial Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga.”

Alwa Rerizia yang juga adalah seorang Coach Public Speaking and Personal Branding ini mengatakan, media sosial berperan penting dalam usaha jika bisa dimanfaatkan secara maksimal. Karena media sosial dapat membangun brand awareness, berinteraksi dengan pelanggan, mengedukasi pelanggan, dan menawarkan promosi dan event, jelasnya sembari menyampaikan bahwa media sosial yang paling diminati orang Indonesia saat ini adalah Youtube dan facebook.

Hadir dalam acara tersebut Pengurus DWP Kota Pontianak, Ketua dan Pengurus DWP Unsur Pelaksana se Kota Pontianak. Dari DWP Kemenag Kota Pontianak tampak hadir Ketua DWP Hj. Nurlaila Syarifendi, Sekretaris Ny. Sumiati dan Bendahara DWP Ny. Muslimah. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Rangkaian acara diakhiri dengan penarikan arisan dan door prize.*(sumi/ptk)