Kemenag@Kalbar. Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si memimpin Rapat Koordinasi Siaga Covid-19 yang dihadiri oleh seluruh panitia posko siaga Covid-19 di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, Kamis, 2 April 2020.

Ridwansyah menegaskan bahwa program kegiatan posko siaga Covid-19 mengacu kepada hasil rapat gugus tugas pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Kementerian Agama, pada tanggal 30 maret 2020 di Jakarta.

Oleh karena itu Ridwansyah berharap agar posko siaga Covid-19 Kanwil Kemenag Kalbar membangun koordinasi dengan posko Siaga Covid-19 di Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat.

“Dengan adanya koordinasi antar posko siaga Covid-19 maka pemantauan terhadap ASN Kemenag Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat terus dilakukan” jelas Ridwansyah.

Selain itu posko siaga Covid-19 juga harus memberikan perhatian terhadap dampak yang ditimbulkan oleh penyebaran Covid-19, seperti dampak kesehatan, dampak Ekonomi dan sosial, oleh karena itu petugas posko harus mampu mengindentifikasi dampak kebutuhan akibat covid-19.

“Membangun koordinasi dan memperkuat kemitraan dengan masyarakat harus diperkuat, seperti yang telah dilakukan oleh Bidang Penerangan Agama Islam yang telah membentuk Posko Peduli dampak Covid-19,” pungkasnya.

Lebih lanjut Ridwansyah menegaskan bahwa program donasi harus melalui satu pintu yaitu rekening Donasi Kementerian Agama. Selain itu sosialisasi dan himbauan pengumpulan donasi juga harus transparan dan tersampaikan kepada masyarakat. (Ir)