Hari Amal Bakti adalah hari yang spesial bagi Kemnterian Agama Republik Indonesia yang sering disingkat dengan HAB. HAB selalu dirayakan di awal tahun anggaran. Maka selain untuk memperingati hari lahir Kementerian Agama, HAB juga sebagaai moment untuk memberikan semangat bagi para pegawai Kementerian Agama dalam menjalankan tugas sebagai abdi Negara. Oleh karena itu selalu diperingati dan dirayakan dengan berbagai kegiatan yang meriah. Kalau demikian adanya, lalu bagaimana dengan tahun ini? Negeri ini sedang dilanda wabah pandemic covid-19. Berkaitaan dengan itu Kepala Kantor Kemenag Melawi H. Abdulbar, S.Ag,M.Pd mengundang rapat para pejabat pada hari Selasa, 17 November 2020.

Rapat yang dihadiri oleh Kasi Pendis, Kasubbag TU, Penyelenggara Kristen, Penyelenggara Buddha dan Plt Kasi Bimas Katolik itu sesuai arahan Kepala Kantor memutuskan agar HAB tetap berlangsung tetapi secara sederhana. Dalam arti tetap ada upacara, ramahtamah, dan makan bersama dengan peserta yang dibatasi seraya menerapkan protocol kesehatan secara ketat. Selain upacara akan dipersiapkan aksi social yang berkaitan dengan covid-19. Dalam rapat itu juga Kepala Kantor meminta laporan realisasi anggaran sampai bulan November, sehingga setiap pejabat berusaha untuk menyampaikannya secara singkat.

Di akhir arahannya haji Abdulbar mengevaluasi secara singkat akan penerapan WFH, “WFH adalah bekerja dari rumah. Yang dikerjakan adalah pekerjaan kantor bukan pekerjaan lain. Saya berharap meski bekerja dari rumah tetapi tetap memperhatikan jam kerja kantor. Jam kerja kita adalah 07.30 sd 16.00 untuk Senin-Kamis dan 07.30-16.30 untuk hari Jumat. Pada jam kerja tetap bekerj di rumah, bukan ke Pasar atau ke Kebun dan bukan pekerjaan rumah tetapi pekerjaan kantor, “ tegasnya seraya tersenyum.