Senin, 09 September 2019, 09:32 gabrielsalim

Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa. Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda bangsa ini. Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa. Kesadaran akan pentingnya peran kaum muda mengemuka dalam seminar yang bertajuk  “Meningkatkan peran generasi muda melalui para santri dalam menangkal masuknya faham radikalisme dan intoleransi”. Seminar ini dilaksanakan pada  Jumat, 06 September 2019 di Pondok Pesantren Al Shihor Nanga Pinoh.

Hadir sebagai narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Melawi yang diwakili oleh Kasubbag TU Qamarul Khoir, S.Ag, M.Si, perwakilan dari Polres Melawi, Kesbangpol dan Ustadz Ali Murtadho Alhafidz. Seminar yang diikuti oleh para Santri, Pengasuh dan Pengajar Pndok Pesantren ini berlangsung dengan lancar. Dalam acara yang diselenggarakan oleh Polda Kalbar tersebut, Qamarul Khair menyampaikan cara sikap beragama yang ideal untuk menangkal radikalisme dan intoleransi. Menurutnya cara yang mesti dilakukan oleh para santri sebagai generasi muda adalah mempelajari dengan sungguh-sungguh ajaran agama dan kritis dengan isu-isu sosial keagamaan aktual kontemporer.

Lebih lanjut pria yang baru saja pulang menunaikan tugas sebagai pelayan haji Kalimantan Barat ini mengatakan Radikalisme yang dalam bahasa agama dikenal dengan istilah Al Ghuluw justru dilarang oleh Tuhan dan  Rasul-Nya, karena orang yang  Ghuluw melahirkan sikap yang kaku dan melampaui batas dalam sikap keagamaan, sehingga tidak toleran dengan umat seagama,  antar umat beragama dan kepada pemerintah. "Sikap ini biasanya lahir dari orang yang mempelajari agama secara tanggung dan tidak tuntas. Disinilah  peran pesantren diperlukan," tegas Qamarul mantap di hadapan para santri yang dengan semangat mendengarkan paparannya.

Berita Terbaru