Komitmennya menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi tidak diragukan lagi. Beliau berkali-kalai di beberapa kesempatan berkata, “saya ini bukan hanya Kepala Kantor salah satu Agama tetapi kepala Kantor untuk Agama Islam, Katolik, Kristen, Buddha, Hindu dan Konghucu”. Itulah komitmen H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi. Komitmen itulah yang ditunjukkannya dengan mengunjungi sebuah Vihara di Pontianak Utara yaitu Vihara Buddharatana pada hari Senin, 12 Oktober 2020.

Vihara Buddharatana yang kokoh dan megah yang selesai dibangun pada tahun 2017 itu menjadi tempat beribadah bagi umat Buddha di Pontianak Utara khususnya dan Pontianak pada umumnya. Melalui Whatshapp pribadinya haji Abdulbar menuliskan bahwa “Vihara ini sangat bagus. Bangunannya kokoh dan megah serta sangat layak menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha. Saya mengunjungi Vihara ini ingin belajar dengan para pengelola di sini agar apa yang saya dengar dapat saya bagikan kepada pengelola Vihara di Nanga Pinoh,”tulisnya melalui Whatshapp.

Vihara Buddharatana selain berfungsi sebagai tempat ibadah  bagi umat Buddha tetapi juga berfungsi sebagai  pusat pengembangan (1) Pendidikan; (2) Seni Budaya; (3) Sosial Kemasyarakatan; (4) Pusat Meditasi.