Mempawah. Senin (25/01/2021) beberapa orang tenaga pendidik MAN 1 Mempawah mengikuti kegiatan Lokakarya yang diadakan oleh platform Zenius dengan Tema Guru Cerdik.

Kegiatan ini berlangsung melalui zoom meating yang diikuti oleh 36 Provinsi dalam Negeri bahkan luar negeri mulai dari Malaisya hingga Arab Saudi. Total jumlah peserta yang mengikuti kegiatan 35.714 orang.

Untuk peserta dari MAN 1 Mempawah sendiri diikuti oleh 9 orang tenaga pendidik terdiri dari 3 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Kegiatan lokakarya ini berlangsung selama 5 hari dimulai dari hari Senin, 25-30 Januari 2021.

Untuk materi hari ini (25/01/2021) membahas dan mengulas mengenai Guru Cerdik itu sendiri, dimana guru cerdik itu adalah yang cepat tanggap, kreatif, inovatif, memiliki empati yang besar terutama mengenali situasi pembelajaran bersama siswa dan siswinya.

Guru cerdik memiliki keterbukaan hati untuk melakukan refleksi akan situasi orang lain dan diri sendiri. Guru cerdik tidak takut dalam melakukan kesalahan contohnya dalam melakukan penelititan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai subjek penelitian yang bertujuan menemukan metode yang paling relevan dengan peserta didik.

Kegiatan lokakarya ini juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengembangan keprofesian guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik. Semoga setelah mengikuti lokakarya ini dapat meningkatkan ke profesionalan tenaga pendidik khususnya di MAN 1 Mempawah untuk kemajuan Madrasah.

Fatonny Fakhrurrazie, salah seorang tenaga pendidik yang megikuti kegiatan lokakarya ini mengatakan, menantikan kegiatan-kegiatan yang seperti lokarya ataupun diklat lain yang dapat dilakukan dalam pengembangan keprofesian guru.

Selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang lebih update ini juga merupakan salah satu wadah untuk meluaskan hubungan relasi, karena biasanya dalam setiap kegiatan memiliki grup di dalam grup itu kita dapat saling bertukar fikiran serta pengalaman.  (FF293)