Dalam keseluruhan proses pendidikan di madrasah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Keberhasilan seorang peserta didik dalam pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, contoh sikap dan sebagainya kepada peserta didik untuk mencapai hasil belajar.

Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat diajukan dalam berbagai bentuk seperti berubahnya pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan. Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar  dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun.

Bagi Peserta didik khususnya di MAN 2 Ketapang, tahun 2020 ini merupakan  tahun yang cukup  berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bermula dari bulan Maret lalu, sejak munculnya virus yang bernama CORONA  banyak kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan yang  berubah termasuk dalam dunia pendidikan. Sebelum munculnya wabah virus Corona peserta didik dan pendidik dapat  beraktivitas dengan bebas datang ke madrasah, berjabat tangan dan duduk berdekatan antara satu dan yang lain.  Namun pada saat sekarang harus menyesuaikan diri mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Kegiatan Pembelajaran dalam dunia pendidikan yang biasanya dilakukan di madrasah, pada saat sekarang semua dilakukan di rumah. Siswa diberikan materi pembelajaran dan tugas secara online, tanpa adanya tatap muka. Sudah hampir tiga bulan perjalanan masa-masa belajar di rumah yang diakibatkan oleh virus Covid 19 berlangsung. Meskipun Proses Belajar Mengajar tidak dapat dilakukan di madrasah, peserta didik  tetap  dapat melakukan pembelajaran di rumah dengan bantuan  teknologi informasi  seperti HP Android maupun Laptop.

Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya adalah tidak semua siswa memiliki HP dan signal yang belum merata jangkauannya. Tetapi, hal itu tidak menjadi penghalang siswa untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini. mereka selalu berusaha agar bisa mendapat materi dan mengumpulkan tugas tepat waktu dengan berbagai cara. Inilah beberapa kegiatan anak-anak kami saat belajar dari rumah. Semoga kalian semua sukses dan meraih apa yang kalian cita-citakan.Kami semua doakan semoga virus ini cepat berlalu dan  bisa kembali ke madrasah. Ujar Sari Handayani, S.Pd selaku salah satu Dewan Guru di MAN 2 Ketapang.

Dalam proses belajar mengajar dirumah, dewan guru MAN 2 Ketapang tetap berupaya maksimal melaksanakannya. Ujar Kepala MAN 2 Ketapang, Chaidir, S.Pd.I, M.Pd, lebih lanjut beliau  berharap dalam kondisi darurat ini, proses pembelajaran tetap berlangsung walaupun tidak dapat dilaksanakan secara ideal dan semoga wabah virus corona ini cepat berlalu, sehingga kita semua dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti biasanya dan semoga kita semua terhindar dari virus corona ini.