Banjir Melawi 09-15 Juli 2020 masih menyisakan dampaknya. Selain adanya korban yang rumahnya tenggelam sehingga menyebabkan banyak bara-barang rumah tangga terutama barang-barang elektronik rusak, tetapi juga sampah yang mengotori lingkungan.

Salah satu yang terdampak banjir kali ini adalah MIN 02 Melawi. Sejak banjir surut dewan guru secara bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, menyikat sisa-sisa lumpur yang masih membekas di lantai dan dinding. Bahkan mereka pernah dibantu oleh polres ikut membersihkan lingkungan sekolah.

Pada hari Jumat, 24 Juli 2020 Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Melawi memberikan bantuan kepada MIN 02 Melawi. Bantuan dalam bentuk pembersih lantai yang diberikan oleh petugas PMI Kab Melawi kepada MIN 02 Melawi. Bantuan itu diterima langsung oleh Kepala MIN 02 Melawi Hj Siti Nurlaila, S.Ag,M.Pd. “Kami merasa senang yang sangat luar biasa atas perhatian dari PMI.  Bantun yang diberikn ini sangat bermnfaat,  terutama untuk membersihkan rungan kelas serta lingkungan Madrasah kami yang memang harus selalu terjaga kebersihannya,”ucap Hajah Nurlaila dalam sambutannya.

Sementara Petugas PMI dalam kesempatan itu mengatakan, “Bantuan Pembersih lantai ini kami berikan sebagai wujud perhatian PMI Melawi akan budaya hidup bersih, apalagi madrasah ini baru saja direndam banjir dan tentu perlu pembersih sehingga lingkungan kembali bersih," tegasnya mantap.