MIN 1 Ketapang mulai tahun ini dan untuk pertama kalinya akan melakukan penerimaan pendaftaran calon peserta didik baru secara online baikĀ  disebabkan karena ada larangan berkumpul seperti saat ini akibat makin merebaknya wabah Covid-19 maupun tidak. "Hal ini akan terus dilakukan pada setiap tahunnya guna memudahkan dan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat", ujar Supriadi, M.Pd.I selaku kepala MIN 1 Ketapang.

Apalagi seperti saat ini dimana pemerintah melarang masyarakat untuk berkumpul, hal semacam ini sangat membantu dan sangat diperlukan. Dengan diterapkannya kebijakan pendaftaran secara online ini, orang tua calon peserta didik baru MIN 1 Ketapang tidak perlu repot-repot untuk datang dan berdesak-desakan mendaftarkan anaknya ke sekolah, cukup melalui Smart Phone (HP) sudah bisa melakukan pendaftaran dari mana saja dan kapan saja sesuai rentang waktu yang telah ditetapkan panitia.

Untuk tahun ini berdasarkan SK. Dirertur Jenderal Pendidikan Islam nomor. 7265 tahun 2019 tentang Juknis PPDB pada jenjang RA,MI,MTs dan MA bahwa penerimaan peserta didik baru bisa dimulai pada bulan Mei 2020. Khusus untuk MIN 1 Ketapang berdasarkan pada juknis tersebut dan hasil keputusan rapat panitia bahwa penerimaan peserta didik baru akan dilakukan dari tanggal 1 s.d 7 Mei 2020. Adapun cara pendaftaran dilakukan secara online dengan alamat web. http://gg.gg/min1ktpppdb2020. Untuk pengimuman kelulusan akan diumumkan melalui alamat web yang sama pada tanggal 11 Mei 2020. Adapun daftar ulang bagi calon siswa yang dinyatakan lulus akan dilaksanakan pada saat masuk sekolah atau tahun pelajaran baru yaitu pada pertengahan bulan juli tahun pelajaran 2020-2021. (Humas MIN 1 Ketapang/Mei/2020).