Selasa (06/10/2020) Dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, IAIN Pontianak selaku perguruan tinggi negeri Islam yang berada dibawah naungan Kementerian Agama, mengirimkan sebanyak 10 orang mahasiswa untuk melaksanakan tugas Program Pengenalan Lapangan (PPL). Secara umum, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Untuk itu, Tri Dharma Perguran Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi. Bukan hanya mahasiswa, melainkan dosen, dan berbagai civitas akademika yang terlibat. 

MIN 1 Kubu Raya yang menjadi tempat pelaksanaan PPL, menyambut baik dengan kehadiran mahasiswa PPL IAIN tersebut. Kepala MIN 1 Kubu Raya Nurkayan, mengatakan "bahwa dengan kehadiran rekan-rekan mahasiswa tentu akan membawa dampak positif bagi proses belajar mengajar di MIN 1 Kubu Raya, adanya transfer ilmu pengetahuan, pengenalan teori/metode pembelajaran tentu akan berdampak positif bagi guru dan murid, dan rekan-rekan mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman selama proses tersebut berlangsung". Pelaksanaan PPL tersebut akan berlangsung selama 2 bulan kedepan dengan melibatkan 10 mahasiswa IAIN dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).