Dalam menghadapi Ujian Akhir Madrsah btidaiyah Tahun 2017 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekuduk Kab. Sambas melaksanakan Kelompok Kerja Guru MI ( KKG MI ) adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 April 2017 yang dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas Husban, S.Pd.I.M.Pd.

Dalam sambutannya Husban mengatakan bahwa KKG merupakan suatu wadah kelompok guru dalam bertukar pengalaman dalam menghadapi proses belajar mengajar untuk itu kegiatan KKG harus dilaksanakan dan terjadwal. "Kami pada dasarnya sangat mendukung Kegiatan KKG ini", ujarnya.

Kepala MIN Sekuduk Hamdah, S.Pd.I dalam sambutannya mengatakan kegiatan KKG ini di hadiri oleh 18 Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta dan setiap Madrasah mengutus 5 Orang Guru yang terdiri dari Guru SKI, Fiqih, Aqidah Akhlak, Al Qur’an Hadits dan Bahasa Arab. Adapun pelaksanaan Kegiatan KKG ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara Mandiri. Peserta yang hadir berjumlah 120 0rang. Kegiatan KKG ini setiap Tahun Pelajaran paling sedikit dilaksanakan 1 kali dalam satu Semester. Adapun pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2017 ini akan di laksanakan pada tanggal 8 – 10 Mei 2017 khusus Kabupaten Sambas

Secara umum kegiatan KKG ini sebagai kelompok kerja seluruh guru dalam satu KKM. Pada tahap pelaksanaannya dapat dibagi ke dalam kelompok kerja guru yang lebih kecil, yaitu kelompok kerja guru berdasarkan jenjang kelas, dan kelompok kerja guru berdasarkan atas mata pelajaran. Untuk itu KKG memiliki tujuan, (1) memfasilitasi kegiatan yang dilakukan di pusat kegiatan guru berdasarkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru, (2) memberikan bantuan profesional kepada para guru kelas dan mata pelajaran di sekolah, (3) meningkatkan pemahaman, keilmuan, keterampilan serta pengembangan sikap profesional berdasarkan kekeluargaan dan saling mengisi (sharing), (4) meningkatkan pengelolaan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem).

Berdasarkan tujuan dan sasarannya, KKG akan mampu memberikan solusi, dan sebagai sarana meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru SD sesuai harapan dan tuntutan. "Secara khusus KKG ini membahas Bedah SKL Ujian Akhir Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2017, agar guru lebih siap dalam mengjarkan Materi materi yang akan di ujikan.Adapun dasar pelaksanaan kegiatan KKG ini adlaah PMA Nomor 60 Tahun 2015," kata Hamdah.

Dalam konteks yang aplikatif, guru harus mampu memaknai kegiatan KKG sebagai sebuah proses pembelajaran. Dalam pengertian dalam kegiatan KKG terjadi proses belajar, di mana terdapat pendidik dan peserta didik. Pendidik diibaratkan adalah pemandu/tutor, sedangkan peserta didik diibaratkan pendidik lain yang menjadi pendengar dan pemerhati dalam kegiatan KKG.

KKG sebenarnya sama dengan belajar. Pendidik yang mengalami kesulitan dalam proses belajar-mengajar di kelas dapat dipecahkan dalam forum KKG. Yang sering dilaksanakan di MIN Sekuduk. (Dedi. S_Kontributor Sambas)