Pontianak_Inmas.  Moderasi Beragama untuk Kebersamaan Umat di Kaliamantan Barat menjadi tema utama Kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019. Alasan pemilihan tema tersebut tentu karena dengan kebersamaan dan Keutuhan Tahunan bangsa dapat dicapai dengan Moderasi sebagai keywordnya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Tukiman Selaku ketua Panitia Rakerda di Hotel harris Pontianak, 27/2/2019.

Tidak hanya itu Tukiman juga menuturkan bahwa tema ini sesuai dengan HAB Kemenag ke-73 yang sudah menjadi resolusi  2019 bagi ASN Kementerian Agama, oleh karena itu Rakerda dijadikan satu kesatuan dengan peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73. “Tahun 2019 juga merupakan tahun moderasi Internasional,” katanya.

Lebih lanjut Tukiman menjelaskan bahwa Rakerda Kanwil Kemenag Kalbar bertujuan untuk mensosialisasikan program direktif Kementerian Agama seperti memantapkan pelaksanaanprogram Kemenag tahun 2019, serta mempertajam arah Kementerian Agama Pusat dan Daerah.

“Dalam kegiatan Rakerda ini juga sebagai evaluasi terhadap program tahun 2018 serta meningkatkan tata kelola kepemerintahan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani,” imbuhnya.

Selain itu Tukiman selaku Kasubbag Kepegawaian dan Ortala ini pun berharap agar pelaksanaan rakerda yang dirancang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumya ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kementerian Agama  Provinsi Kalimanat  Barat.

Untuk mencapai tujuan dimaksud, Panitia menyiapkan narasumber dari Kemenag Pusat yakni Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenag RI Drs. H. Mohammad Tambrin, M.Pd, Dirjen PHU Prof. Dr. Nizar, M.Ag. dan Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar, Drs. H. Ridwansyah, M.Si. Serta Pejabat Eseloon III di lingkungan Kanwil kemenag Kalbar.

Selain itu Tukiman juga menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Kakanwil Kemeng Kalbar dalam Rakerda kali ini digelar kegiatan diskusi sebaya yang menampilkan Satker Kemenag Kabupaten Kota yang berprestasi.

Adapun Pejabat Eselon III Kantor Kemenag Kab/Kota yang tampil pada Diskusi sebaya adalah 1). Ka. Kankemenag Kab. Sambas, H. Sipni, sebagai Model Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Program Zakat. 2). Kakan Kemenag Sekadau H. Tengku Indra sebagai Pilot Project Zona Integritas menuju WBK. 3). Ka. Kankemenag Kota Singkawang yang diwakili oleh H. Azhari Sebagai Kota Paling Toleran se Indonesia.

Tidak hanya itu, Kegiatan Rakerda Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 juga menjadi momen bersejarah bagi Kemenag atas dihibahkannya Aset Tanah Asrama Haji seluas 23.024 m2, oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmoidji, M.Hum dan diterima oleh Dirjen PHU Prof. Dr. Nizar, M.Ag. yang didampingi oleh Kakanwil kemenag Kalbar.

“Semoga Penyerahan Aset Tanah Asrama Haji ini membawa berkah bagi Umat Islam Khususnya di wilayah Kalimatan Barat,” harap Tukiman. (ir_one)