Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, merupakan bentuk pengawasan kinerja KUA di bidang pelayanan pencatatan nikah dan rujuk. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas Seksi Bimas Islam Kota Singkawang kepada semua KUA di wilayah Kota Singkawang hari Kamis (6 /4 )

Seksi Bimas Islam, merupakan sebuah tim monitoring evaluasi di dalam sebuah pengawasan dalam bentuk pembinaan, mulai dari administrasi yang berbentuk hard cofy sampai dengan soft cofy seperti SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah), tingkat kinerja pegawai sampai pada sarana dan prasaran penunjang pelaksanaan Tugas dan Fungsi KUA. Kepala Kankemenag Kota Singkawang, Drs. H. Jawani selaku pembina tim monev ini menghimbau dalam pelayanan administrasi perlu lebih ditingkatkan lagi Ujarrnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasidan memeriksa sejauh mana pelayanan yang dilakukan oleh KUA kepada masyarakat, baik dari segi pelaksanaan pernikahan,perwakafan, kemasjidan, suscatin, dan pembenahan administrasi pembukuan serta pembenahan struktur organisasi yang ada di Kantor KUA tersebut, sehingga layak dinilai sebagai KUA yang memenuhi syarat dalam sebuah pelayanan prima, pelayanan yang berbasis IT, cepat, tepat, akurat dan akuntabel.