Rabu, 11 Mei 2016 merupakan hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Pada hari ketiga ini, mata pelajaran yang diujiankan adalah Bahasa Inggris.

Hal tersebut juga sama yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Falah Sukadana, Kab. Kayong Utara. Hari ini semua peserta ujian melaksanakan ujian dengan dengan tenangnya seperti hari-hari sebelumnya.

Jumlah Peserta Ujian untuk MTs-S Nurul Falah berjumlah 42 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswaperempuan. Ahmad Junaedi, S. Ag selaku Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara yang ditugaskan untuk melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Nasional di Madrasah tersebut mengatakan bahwa saat ini pelaksanaan ujian berlangsung aman dan tertib, suasana yang tenang dan kondusif dapat membantu pola pikir peserta ujian untuk mengisi ujian tersebut secara tenang dengan baik dan benar, semoga mereka semua berhasil memperoleh nilai yang sangat baik.ujarnya.

Di sisi lain, kepala madrasah ketika dikunjungi oleh unsur-unsur yang terkait dan saling mendukung dalam pelaksanaan ujian nasional ini mengatakan besar harapan beliau agar semua peserta ujian nasional tingkat madrasah ini terlebih khusus pelajar kelas IX MTs-S Nurul Falah Sukadana yang saat sedang mengikuti ujian nasional dapat lulus dengan nilai terbaik, dan tidak ada lagi dikotomi antara MTs dengan SMP karena sama-sama ada dan menyelenggarakan Ujian Nasional, serta perlunya sinergisitas antara Kementerian Agama dengan Dinas Pendidikan dalam penyelenggaraan Pendidikan jelasnya.

Ahmad Junaidi juga menyebutkan, secara umum Ujian Nasional berjalan baik dan lancar, pengawas bertukar dengan sekolah lain, adanya monitoring dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan dan aparat Kepolisian.